AZRUL ANANDA
Mantan CEO media nomor satu, komentator Formula 1, commissioner liga basket nasional, dan sekarang pengelola klub sepak bola. Azrul resmi menjadi cyclist sejak 2012. Kolektor sepeda balap, hobi touring, sesekali ikut balapan, pria kelahiran 1977 ini dikenal total dalam segala hal. Di Surabaya, dia dikenal dengan kelompok cycling-nya yang berjulukan Azrul Ananda School of Suffering. Sesuai namanya, sukanya yang berat dan susah!
Menjajal L-Twoo RX 12-Speed, seperti Apa Lawan Sensah?
Industri sepeda benar-benar butuh "penyegaran." Terlalu banyak pesepeda, sangat terlalu sedikit produsen grupset. Kerumitan paten dan lain-lain menjadi kendala, namun belakangan mulai muncul celah-celahnya.
Kansas Tuntas - Unbound Gravel 2022 (Kolom Azrul Ananda)
Secara fisik, saya termasuk siap. Tapi tahun lalu juga siap. Satu hal yang pasti, kami semua berharap tidak mengalami masalah mekanikal. Alangkah menyakitkannya kalau semua ini gagal karena ada komponen yang fail.
Rute Unbound Gravel 200: Tolong Respek Kalau Bertemu Sapi
Unbound Gravel, even balap gravel paling bergengsi dunia, mengubah drastis rutenya untuk edisi 2022 ini. Bila tahun lalu memutar ke utara dari Kota Emporia, Kansas, kali ini memutar ke selatan.
Angin Kansas (Kolom Azrul Ananda)
Tahun ini saya kembali lagi ke Kansas. Sebuah negara bagian yang terletak pas di tengah-tengah daratan Amerika Serikat. Negara bagian yang punya tempat khusus di hati saya, karena pada 1993 lalu, ketika baru saja berulang tahun ke-16, saya mendarat/terdampar di sini sebagai seorang siswa pertukaran.
Misi Brand Indonesia di Unbound Gravel 2022 (Kolom Azrul Ananda)
Tahun ini kami pergi ke Kansas membawa misi brand Indonesia. Kami semua akan menggunakan sepeda merek Indonesia, mengenakan apparel buatan Indonesia, dan mengandalkan nutrisi merek Indonesia!
Koh Hay Sang X-Men (Kolom Azrul Ananda)
Koh Hay usianya sudah 73 tahun. Sejak 2021 lalu, beliau seharusnya menjalani operasi lutut. Total knee replacement. Tapi orang yang satu ini memang anggota X-Men asli. Dia malah ikut event-event gowes. Bahkan baru saja gowes 1.100 km dalam seminggu, termasuk gowes Surabaya-Bali pulang-pergi.
Manado (Sulut) Diberkati
Saya telah menemukan tempat paling indah se-Indonesia. Paling tidak, tempat paling indah yang pernah saya kunjungi secara pribadi, dengan cara bersepeda. Letaknya di dekat Manado. Tepatnya Tetetana Hill (Bukit Tetetana), di Tomohon.
Sepuluh Produk Cycling Pilihan Azrul Ananda di Akhir 2021
Untuk edisi akhir 2021 ini, mungkin tema utama saya adalah function, practicality, dan affordability. Maklum, di tengah booming-nya bersepeda, muncul juga sisi menyebalkannya. Seperti harga yang melambung tinggi atau kehadiran sejumlah cyclist ikut-ikutan yang kelakuannya jauh dari esensi cycling.