Kwiatkowski dan Team Sky Menang Prologue Dauphine
by - June 03, 2018
Kwiatkowski dan Team Sky Menang Prologue Dauphine
by MainSepeda - June 03, 2018

Team Sky langsung menabuh genderang perang di prologue (time trial pendek) pembuka Criterium du Dauphine, lomba pemanasan Tour de France 2018, Minggu (3 Juni).

Pembalap Team Sky asal Polandia, Michal Kwiatkowski, meraih kemenangan di rute 6,6 km tersebut. Dia mencatat waktu 7 menit dan 25 detik, hanya satu detik lebih cepat dari Jos Van Emden (LottoNL-Jumbo) dan tiga detik dari rekan setim sendiri, Gianni Moscon.

Michal Kwiatkowski, meraih kemenangan di rute 6,6 km Prologue Dauphine dengan catatan waktu 7 menit dan 25 detik.

Seharusnya, ada satu lagi bintang Team Sky di barisan atas. Sayang, Geraint Thomas sempat terjatuh di salah satu tikungan cepat. Alhasil, pembalap Inggris itu kalah 21 detik.

Criterium du Dauphine merupakan ajang pemanasan resmi Tour de France. Lomba delapan hari ini (3-10 Juni) berlangsung di Prancis, melewati atau mensimulasikan etape-etape Tour de France yang dimulai 7 Juli mendatang.

Mereka yang tampil cepat di sini biasanya juga cepat di Tour de France. Dan itu yang ingin ditunjukkan oleh Kwiatkowski di prologue pembuka.

“Saya tahu betapa berat latihan supaya bisa meraih kondisi baik di Dauphine dan Tour de France. Kita harus mengejar kemenangan sejak start, kalau tidak kita tidak akan tampil baik,” ucap juara dunia road race 2014 tersebut.

Di Tour de France nanti, Kwiato –julukan Kwiatkowski-- memang punya tugas berat jadi pengawal Chris Froome, yang sekarang sedang istirahat usai memenangi Giro d’Italia. Di Dauphine, Kwiato akan mengejar kemenangan overall bersama Geraint Thomas.

Walau Thomas kini sudah ketinggalan, Kwiato merasa dia masih punya kans besar untuk menang. Mengingat para unggulan lain catatan waktunya tidak jauh beda, atau bahkan lebih lambat, dengan Thomas. Antara lain Romain Bardet (AG2R La Mondiale), Vincenzo Nibali (Bahrain-Merida), dan Dan Martin (UAE Team Emirates).

Meskipun Geraint Thomas tertinggal 21 detik, tapi masih punya kans untuk menang karena catatan waktunya masih lebih baik dari pesaingnya.

Masih ada beberapa etape tanjakan, plus etape team time trial sejauh 35 km, yang lebih berpengaruh daripada prologue pembuka. “Kami tak sabar menghadapi lomba yang berat,” tandas Kwiato.

Etape 1 (prologue tidak dianggap sebagai etape penuh) Senin ini (4 Juni) akan berlangsung 179 km. Etape menuju Saint-Just-Saint-Rambert ini berkarakter datar, cocok untuk para sprinter. (mainsepeda)

Hasil Prologue Criterium du Dauphine 2018 (Top Ten)

1. Michal Kwiatkowski (Polandia), Team Sky 7 menit 25 detik

2. Jos van Emden (Belanda), LottoNL-Jumbo + 1 detik

3. Gianni Moscon (Italia), Team Sky + 3 detik

4. Victor Campenaerts (Belgia), Lotto-Soudal + 5 detik

5. Patrick Bevin (Selandia Baru), BMC + 5 detik

6. Matthias Brandle (Austria), Trek-Segafredo + 6 detik

7. Bob Jungels (Luksemburg), Quick-Step Floors + 7 detik

8. Jens Keukeleire (Belgia), Lotto-Soudal + 9 detik

9. Jonathan Castroviejo (Spanyol), Team Sky + 9 detik

10. Brent Bookwalter (AS), BMC + 11 detik

 

 


COMMENTS