Kolom Sehat: Bangun Pagi Melawan Malas

Individu yang bersepeda itu mempunyai satu syarat mutlak, yaitu harus bisa bangun pagi. Kenapa begitu? Karena normalnya bersepeda itu dimulai pada pagi hari. Walaupun memang ada event yang dimulai malam hari atau waktu-waktu lain, tapi persentasenya masih sedikit sekali.

Bagi sebagian orang, bangun pagi itu adalah kebiasaan yang sulit. Apalagi ketika hawa dingin dan hangatnya selimut seakan mengikat. Membuat tidak bisa beranjak. 

Bagaimana caranya biar kita bisa terus rajin bangun pagi?

1. Pasang Alarm 
Satu satu yang paling setia membangunkan kita adalah alarm dari telpon genggam. Kalau kita titip membangunkan ke orang dekat atau teman ketika event, seringkali yang dititipin juga lupa. Kita pun juga bablas tidur. Apabila pasang alarm lebih baik dari handphone.

Sebab ada teman yang menyalakan alarm lewat alat lain yang belum dikalibrasi jamnya ketika di luar kota. Alhasil ketika semuanya sudah siap di atas sepeda, ia dengan santai keluar dan bilang, "Kan masih satu jam lagi." Sebab jamnya masih menunjukkan WIB. Sedanggkan kita sedang berada di Bali yang mengikuti WITA.

2. Tidur Lebih Awal 
Kalua mau bangun pagi, salah satu cara paling mudah adalah tidur lebih awal. Bila kita ingin bangun jam 4 pagi tapi tidur jam 12 malam, maka walaupun bisa, kita akan kurang tidur. Bisa-bisa ngantuk ketika di atas sepeda. Jadi tidurlah lebih awal bila memungkinkan. Karena tidur yang cukup juga salah satu tips agar keesokan hari tubuh bisa tampil bugar.

3. Janjian
Janjianlah bersepeda dengan orang lain. Kalua Anda berteman baik dengan beberapa pesepeda, yakinlah akan ada yang membangukan Anda. Karena mereka berharap Anda ikut bersepeda dan bisa menemaninya.

Kalau Anda tidak punya teman seperti itu, carilah teman yang kayak gitu. Dan jika Anda sudah punya teman yang seperti itu, pertahankan. Walau seringkali teman seperti ini mengganggu kehidupan Anda, wkwkwkwkwk. Tapi paling tidak Anda punya teman kan daripada nggak ada maka akan terasa sepi.

4. Rute yang Menarik 
Bagi saya rute yang menarik juga salah satu penyemangat untuk bisa bangun pagi. Sebab rute yang "membosankan" akan membuat kita merasa tidak excited. Bahasa Inggrisnya aras-arasen. Jadi mau bangun itu sudah malas.

Beberapa langkah di atas adalah hal yang bisa membuat Anda rajin bangun pagi. Mestinya ada bebrapa alasan lain, tapi kurang baik ditulis. Jadi empat hal di atas adalah alasan-alasan positif yang bisa membuat Anda bangun pagi dan bersepeda. Yuk rajin bangun pagi dan bersepeda. Sekian. (johnny ray)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 125

Foto: Chaidar (@chaidar26 ) 


COMMENTS