Peserta cek rute nanjak menuju garis finis di Gantasan di lereng Gunung Ijen

Demi kelancaran event Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 pada 24 September, penyelenggara mengadakan cek rute resmi pada Sabtu, 27 Agustus 2022. Agenda ini diikuti puluhan cyclist dari Azrul Ananda School of Suffering (AA SoS) dan Banyuwangi Road Cycling Club (BRCC).

Cek rute merupakan jadwal wajib sebelum event. Bukan sekadar untuk mengukur jarak dan total evelasi agar lebih presisi. Penyelenggara juga ingin memastikan jalanan yang dilalui peserta Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 sudah mulus.

Peserta cek rute start dari Pendopo Sabha Swagata Blambangan tepat pukul 06.00 WIB. Kemudian peleton bergerak ke selatan Banyuwangi. Melalui Kecamatan Rogojampi, Genteng dan Gambiran. Menuju De Djawatan Forest yang akan menjadi lokasi pit stop di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 nanti. Letaknya di Benculuk, Kecamatan Cluring. Sekitar 52 kilometer dari titik start.

Peserta cek rute foto bareng di De Djawatan Forest, lokasi pit stop di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022

De Djawatan merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Banyuwangi. Sangat Instagramable. Tempat ini adalah kawasan hutan lindung milik Perhutani. Anda akan menemui ratusan pohon trembesi berukuran raksasa yang tumbuh rindang dan rapi. Usianya sudah ratusan tahun. De Djawatan benar-benar menghadirkan nuansa seperti Fangorn Forest dalam film The Lord of the Rings.

"De Djawatan ini benar-benar istimewa. Seperti hutan purba dengan pohon-pohon raksasa. Macam di film Lord of the Rings. Nuansanya juga sangat asri. Teman-teman peserta pasti suka dengan tempat ini," sanjung Azrul Ananda, founder Mainsepeda.com.

Setelah beristirahat selama kurang lebih satu jam di De Djawatan, perjalanan dilanjutkan kembali. Kali ini peleton mengarah ke utara Banyuwangi. Menuju Kantor Bupati Banyuwangi di Jalan Jenderal Ahmad Yani nomor 100. Jaraknya kurang lebih 27 kilometer dari De Djawatan. Medannya flat. Bahkan cenderung menurun.

Kantor Bupati Banyuwangi akan menjadi area untuk regrouping sekaligus water station di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 mendatang. Di sini peserta diberi kesempatan untuk mengisi bidon. Selanjutnya, commissaire akan merapikan peserta sesuai dengan kategori usia yang diikuti.

Dari Kantor Bupati Banyuwangi, peserta harus bersiap menghadapi segmen tanjakan. Peserta melaju menuju titik start KOM di Patung Barong. Lalu nanjak melalui Kalibendo menuju garis finis di Gantasan di lereng Gunung Ijen. Secara keseluruhan, cek rute ini menempuh jarak 105,8 kilometer dengan elevation gain 1.313 meter.

"Setelah ini kami akan matangkan kembali dengan teman-teman Banyuwangi. Selanjutnya kami akan merilis file GPX sebagai panduan peserta Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022," jelas Azrul.

Registrasi Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 dibuka hingga awal September. Informasi pendaftaran terkait Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 dan Kediri Dholo KOM Challenge 2022 bisa di-update di website dan Instagram Mainsepeda.com. Atau menghubungi Defi (081222808035). (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Ramada Kusuma


COMMENTS