Chika Zerra Pantang Nyerah! Masih Recovery Cedera, Targetkan Juara Ijen KOM

Chika Zerra tak kenal nyerah! Kalimat itu pantas disematkan pada pembalap KIC Indonesia tersebut. Sebab di tengah kondisi yang masih recovery dari cedera, Chika tetap memutuskan turun di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023, 29 Juli nanti.

Bahkan Chika mematok target lebih tinggi dari capaiannya di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022. Apalagi jika bukan: JUARA! 

Ya, di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 Chika finis di posisi kedua. Ia hanya terpaut tak sampai 2 menit dari pesaingnya, sekaligus juara pertama Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022, Magh Firotika Marenda.

Sebagai arek Banyuwangi asli, Chika tak mau begitu saja menyerahkan kembali gelar juara Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge pada Magh Firo. Apalagi status Chika adalah juara bertahan Trilogi Jatim.

Oleh karena itu, di tengah pemulihan cedera, Chika masih berlatih demi merebut juara Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023. “Saya perhari gowes 100 km, kalau weekend bisa 130 km lebih,” ujar Chika kepada mainsepeda.

Cyclist berusia 23 tahun itu mengaku mengalami cedera saat menjalani sesi latihan bulan lalu. Latihan itu juga bagian persiapan Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023.

“Sejauh ini sudah nggak sakit kalau gowes biasa. Tapi kalau di-push atau tanjakan gitu, rasanya masih sakit,” terang cyclist kelahiran Banyuwangi itu.

Chika merasa sangat hafal rute Ijen. Selain karena berdomisili di Banyuwangi, ia juga sudah turun di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022.

Menurut Chika, rute di Ijen tidak terlalu berat. Tantangan utamanya cuaca panas yang sangat menguras lebih banyak energi. “Harapan saya di Ijen bisa lebih baik dari tahun lalu. Saya sadar persaingannya berat karena ada Magh Firo, tapi saya akan mencoba melakukan yang terbaik,” ungkap Chika.

Perjalanan Chika menjadi atlet balap sepeda berawal pada 2016. Saat itu ia dikenalkan olahraga sepeda oleh orang tuanya. Kemudian Chika mulai menjajal sepeda BMX. Bahkan ia sempat mengikuti kompetisi BMX di Malang pada 2016.  Chika baru berpindah ke sepeda road bike pada 2017. Sejak itu ia mulai serius di dunia balap sepeda, khususnya road bike.

Saat ini Chika masih memimpin klasemen sementara Trilogi Jatim 2023. Hasil itu didapat setelah Chika menjadi juara pertama di Antangin Bromo KOM Challenge 2023. Ia mengantongi 20 poin.

Chika juga bisa saja mendapatkan tambahan 20 poin di akhir klasemen jika ia memastikan turun di sebuah event Trilogi Jatim 2023. Yakni Bromo KOM Challenge, Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge, dan Kediri Dholo KOM Challenge.

Sebagaimana diketahui, Mainsepeda menerapkan aturan baru yang bisa membuat para peserta konsisten berkompetisi di Trilogi Jatim. Dalam aturan baru itu, cyclist yang turun di semua event Trilogi Jatim akan mendapatkan bonus 20 poin di klasemen akhir.

Trilogi Jatim sendiri sudah diawali dengan Antangin Bromo KOM Challenge 2023 (27 Mei). Lalu dilanjutkan dengan Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 (29 Juli), dan Kediri Dholo KOM Challenge 2023 (24 September).

Seperti penyelenggaraan sebelum selama ini, top ten finisher berhak mendapatkan poin. Juara pertama mendapatkan 20 poin. Kemudian runner-up memperoleh 15 poin. Delapan finisher berikutnya masing-masing memperoleh 12, 10, 8, 6, 4, 3, 2, dan 1 poin.

Dengan adanya tambahan 20 poin di akhir itu memungkinkan para peserta yang belum maksimal di Antangin Bromo KOM Challenge 2023 tetap bisa mengejar menjadi juara Trilogi Jatim. Baik kategori elite, maupun kelompok umur. Asal mereka sejak sekarang sudah mengamankan slot dan memastikan turun di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge dan Kediri Dholo KOM Challenge.

Pendaftaran Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 dibuka Senin 26 Juni - 15 Juli 2023. Ada paket bundling dengan harga menarik jika peserta langsung mendaftar Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 dan Kediri Dholo KOM Challenge 2023. Harga satu event sendiri Rp 1.250.000. Sedangkan kalau mendaftar langsung dua, Ijen dan Dholo, maka peserta cukup membayar Rp 1,8 juta. Hemat Rp 700 ribu. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Defi melalui nomor 0812-2280-8035.(mainsepeda)


COMMENTS