Ingin Pertahankan Gelar Juara Trilogi Jatim, Soleh Incar Podium Ijen KOM

Persaingan Trilogi Jatim 2023 kategori Men Elite bakal seru. Sebab, juara Bromo KOM Challenge 2023 sekaligus juara bertahan Trilogi Jatim 2022, Abdul Soleh siap turun di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023. Pembalap asal NIB Cycling Team itu tak ingin puncak klasemen yang ia pimpin saat ini dikudeta pembalap lain. 

Catatan Abdu Soleh di Ijen sebenarnya tidak terlalu baik. Tahun lalu Soleh finis posisi keempat dengan catatan waktu 46 menit 4 detik. Ia terpaut 2 Menit 33 detik dari Woro Fitriyanto yang berada di posisi pertama Ijen tahun lalu.

Tahun ini Soleh berharap bisa meraih posisi pertama di Ijen. Sekaligus merawat asa mempertahankan gelar Trilogi Jatim. “Tahun ini saya berharap bisa meraih podium. Saya akan mencoba melakukan yang terbaik di Ijen besok,” kata Soleh.

Cyclist yang memang punya spesialis sebagai climber mengaku sudah melakukan berbagai persiapan untuk berkompetisi di Ijen. Soleh yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat mulai melakukan latihan intens di berbagai rute tanjakan. Misalnya latihan di kawasan Tangkuban Perahu.

“Saya berusaha mempersiapkan kondisi tubuh agar prima ketika di Ijen nanti. Juga tentu mulai mengatur pola makan,” ungkapnya. Untuk menjaga kondisi badan, Soleh punya diet khusus. Ia memperbanyak asupan daging dan sayuran.

Sebagaimana diketahui, Mainsepeda menerapkan aturan baru tahun ini. Aturan itu bertujuan mengapresiasi konsistensi peserta dalam berkompetisi di Trilogi Jatim. Dalam aturan baru itu, cyclist yang turun di semua event Trilogi Jatim akan mendapatkan bonus 20 poin di klasemen akhir.

Trilogi Jatim sendiri sudah diawali dengan Antangin Bromo KOM Challenge 2023, 27 Mei 2023. Lalu dilanjutkan dengan Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 (29 Juli), dan Kediri Dholo KOM Challenge 2023 (24 September).

Seperti penyelenggaraan sebelum selama ini, top ten finisher berhak mendapatkan poin. Juara pertama mendapatkan 20 poin. Kemudian runner-up memperoleh 15 poin. Delapan finisher berikutnya masing-masing memperoleh 12, 10, 8, 6, 4, 3, 2, dan 1 poin.

Dengan adanya tambahan 20 poin di akhir itu memungkinkan para peserta yang belum maksimal di Antangin Bromo KOM Challenge 2023 tetap bisa mengejar menjadi juara Trilogi Jatim. Baik kategori elite, maupun kelompok umur. Asal mereka sejak sekarang sudah mengamankan slot dan memastikan turun di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge dan Kediri Dholo KOM Challenge.

Pendaftaran Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 dibuka Senin 26 Juni - 15 Juli 2023. Ada paket bundling dengan harga menarik jika peserta langsung mendaftar Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 dan Kediri Dholo KOM Challenge 2023. Harga satu event sendiri Rp 1.250.000. Sedangkan kalau mendaftar langsung dua, Ijen dan Dholo, maka peserta cukup membayar Rp 1,8 juta. Hemat Rp 700 ribu. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Defi melalui nomor 0812-2280-8035.(mainsepeda)


COMMENTS