Penantian panjang Ariane Eileen Suhardjo berakhir di Banyuwangi. Cyclist asal Jakarta tersebut berhasil naik podium di Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022 pada Sabtu, 24 September lalu. Dia berjaya di kategori usia Women 40+. Ini menjadi podium ketiga untuknya.

Eileen, begitu dia akrab disapa, mengungguli Fajar Ariningtiyas dan Zahriati di kategori Women 40+. Eileen mengaku bahwa kemenangan ini sejatinya tidak direncanakan. Sebab dia tidak memasang target tinggi di Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022. Namun hasil yang diperoleh justru di luar ekspektasi.

"Target awalnya memang tidak mengejar podium. Awalnya cuma mau mengincar personal best saja. Saya bilang sama diri sendiri, mau hit the power yang saya mau," ungkap Eileen.

Inilah podium ketiga untuk Eileen. Sebelumnya, istri founder Strive Sport Nutritions Edo Bawono itu mengaku sempat menjadi runner up di Bromo100 pada 2016. Kemudian menjadi pemenang di event serupa pada 2017 silam. Lima tahun berselang, Eileen akhirnya naik podium lagi.

Sebenarnya, Eileen tidak berhenti dari sepeda selama lima tahun terakhir. Olahraga ini masih menjadi aktivitas rutinnya setiap pekan. Dia juga masih mengikuti berbagai event gowes. Hanya saja tidak turun di kategori balapan. Justru di Banyuwangi lah Eileen melambungkan namanya menjadi pemenang.

Eileen bercerita bahwa disiplin mengatur nutrisi menjadi kunci kemenangannya di Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022 ini. "Makan dan minumnya disiplin. Jadi, setiap 15 menit saya minum. Lalu setiap 30 menit saya mengonsumsi gel," ungkapnya.

Eileen menempuh jarak total 105,8 kilometer dalam Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022. Dia berhasil menyelesaikan lomba, dari start KOM hingga Gantasan, dengan catatan waktu 1 jam 27 menit 18 detik. Sebelas menit lebih cepat dari Fajar Ariningtiyas yang menjadi runner up.

Eileen mengakui bahwa rute di Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022 memang sangat cocok untuknya. Sebab memiliki karakter yang tidak jauh berbeda dengan rute gowes yang dilaluinya selama di Jakarta. Eileen siap kembali lagi ke Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge tahun depan.

"Banyuwangi selalu punya hal yang spesial. Gunung Ijennya sangat cantik sekali. Race management-nya juga baik. Kulinernya juga mantap dan lezat. Selalu ada alasan yang tepat untuk kembali lagi ke Banyuwangi," sebut Eileen.

Podium di Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2022 membuat Eileen naik ke peringkat pertama klasemen Trilogi Jawa Timur untuk kategori Women 40+. Peluangnya untuk menjadi pemenang Trilogi Jawa Timur sangat terbuka. Kuncinya ada di Kediri Dholo KOM Challenge 2022 pada 3-4 Desember mendatang.

Namun Eileen tetap rendah hati. Dia sekali lagi tidak memasang target tidak muluk-muluk. "Meraih personal best saja dulu. Kalau podium itu bonus," sebutnya. (mainsepeda) 

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 109

 


COMMENTS