Menang Sprint, Van Aert Rebut Yellow Jersey


Critérium du Dauphiné 2022 telah dimulai pada Minggu, 5 Juni 2022. Event pemanasan sebelum Tour de France ini dibuka di La Voulte-sur-Rhône. Superstar asal Belgia, Wout van Aert (Jumbo-Visma) menjadi yang terbaik di tahapan pembuka ini.

Etape pertama membawa para pembalap melaju dari La Voulte-sur-Rhône menuju Beauchastel. Total jaraknya 191,8 kilometer. Tiga tanjakan Kategori 3 dan satu tanjakan Kategori 2 di Col de Leyrisse menjadi menu utama bagi peloton. Kemudian balapan diakhiri dengan adu sprint di Beauchastel.

Etape ini dibuka dengan aksi breakaway oleh tiga nama, yakni Maxime Bouet (Arkea-Samsic), Pierre Rolland (B&B Hotels-KTM), dan Laurens Huys (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux). Mereka memimpin setelah nanjak di Col de Leyrisse, sekitar 20 kilometer setelah start.

Ketiganya cukup lama memimpin lomba. Mereka baru tertangkap peloton di sisa 30 kilometer. Kemudian seluruh pembalap bergabung dalam rombongan besar. Mereka bersama-sama menuju kilometer terakhir di Beauchastel.

Lomba berakhir dengan adu sprint. Van Aert berhasil menjadi yang tercepat. Pembalap termahal tim Jumbo-Visma itu menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 4 jam 37 menit 31 detik. Ia mengungguli Ethan Hayter (Ineos Grenadiers) dan Sean Quinn (EF Education-EasyPost).

"Sulit untuk melewati Ethan Hayter. Tapi saya senang karena usaha saya hari ini membuahkan hasil," ucap juara nasional Belgia tersebut.

Kemenangan ini membawa Van Aert bertengger di puncak General Classification (GC) dan berhak mengenakan jersey kuning. "Saya berusaha memenangi satu etape pada minggu ini untuk meningkatkan kepercayaan diri," kata Van Aert dilansir Sporza

Selanjutnya, Etape 2 berlangsung di rute sepanjang 169,8 kilometer pada Senin, 6 Juni 2022. Peloton start dari Saint-Péray menuju Brives-Charensac. Satu tanjakan Kategori 4, dua Kategori 3, dan satu Kategori 2 di Col de Mezilhac menjadi menu utama di tahapan ini.

"Apakah saya akan mencoba mempertahankan jersey kuning saya sekarang? Mengapa tidak. Kami memiliki tim yang kuat. Etape selanjutnya cocok untuk saya. Jadi saya pasti akan berusaha mempertahankan jersey kuning itu. Semoga saya bisa memberikannya ke Primoz (Roglic) pada akhir pekan ini," bilang Van Aert. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Criterium du Dauphine 2022 (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 4 jam 37 menit 31 detik
2. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +0
3. Sean Quinn (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +0
4. Hugo Page (Prancis), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
5. Edvald Boasson Hagen (Norwegia), TotalEnergies +0
6. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +0
7. Clément Venturini (Prancis), AG2R Citroën +0
8. Maxim van Gils (Belgia), Lotto Soudal +0
9. Benjamin Thomas (Prancis), Cofidis +0
10. Jannik Steimle (Jerman), QuickStep Alpha Vinyl +0

General Classification usai 1 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 4 jam 37 menit 31 detik
2. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +4
3. Sean Quinn (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +6
4. Maxime Bouet (Prancis), Arkea-Samsic +7
5. Laurens Huys (Belgia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +8
6. Pierre Rolland (Prancis), B&B Hotels-KTM +9
7. Hugo Page (Prancis), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +10
8. Edvald Boasson Hagen (Norwegia), TotalEnergies +10
9. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +10
10. Clément Venturini (Prancis), AG2R Citroën +10

BACA JUGA: Update Perjalanan Tim Mainsepeda Menaklukkan Unbound Gravel 2022 

BACA JUGA: Begini Cara Mendapatkan Foto dan Sertifikat Digital Bromo KOM

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 88

Foto: Getty Images, ASO


COMMENTS