La Vuelta a Espana 2020 - Etape 1
Primoz Roglic Rebut Red Jersey Pertama
by - October 20, 2020

Juara bertahan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) mengawali langkahnya di La Vuelta a Espana 2020 dengan manis. Roglic menjuarai etape 1 Selasa (20/10) malam. Kemenangan ini membawanya memuncaki general classification (GC) dan menjadi pembalap pertama yang mengenakan jersey merah.

Pembalap 30 tahun ini datang ke Spanyol dengan ambisi tinggi. Pertama, Roglic ingin mempertahankan gelar yang sudah direbutnya pada 2019 lalu. Kedua, rider asal Slovenia tersebut berharap bisa mengobati luka seusai gagal juara di Tour de France 2020.

Roglic punya modal untuk juara. Apalagi ia didukung oleh pasukan Jumbo-Visma yang terkenal tangguh dan solid. Pemenang Liège-Bastogne-Liège 2020 ini memulai kiprahnya dengan sempurna. Ia langsung menjuarai etape 1 dan merebut red jersey, simbol pemimpin balapan di La Vuelta.

Tahap pertama ini berlangsung dari Irún menuju Arrate. Panjang medannya 173 kilometer. Juara individual time trial (ITT) Prancis Rémi Cavagna (Deceuninck-QuickStep) bersama empat pembalap lainnya melakukan breakaway sejak 15 kilometer selepas start.

Hujan deras mengguyur balapan dan kelima pembalap itu masih memimpin hingga 30 kilometer terakhir. Setelah semua pembalap kembali ke peloton, Caja Rural-Seguros RGA dan Bahrain McLaren memimpin menuju tanjakan Kategori 3 di Alto de Elgata.

Sepp Kuss (Jumbo-Visma) membuat serangan mengejutkan di lereng Alto de Arrate, tanjakan Kategori 2 yang memiliki gradien 8.5 persen. Langkahnya diikuti sejumlah pembalap macam Richard Carapaz (Ineos Grenadiers), Esteban Chaves (Mitchelton-Scott) serta setimnya di Jumbo-Visma George Bennettt dan Roglic.

Hugh Carthy (EF Pro Cycling) sempat melewati Sepp Kuss sebelum Roglic membalasnya dan mengambil alih posisi terdepan. Roglic tampil tanpa celah di kilometer terakhir. Ia seolah dibiarkan melaju sendirian di depan. Roglic berhasil finis pertama di etape pembuka.

"Saya sangat senang, sangat bahagia. Tim kembali tampil dengan sangat kuat. Mereka bekerja dengan sempurna sepanjang hari dan pada akhirnya saya bisa menang, jadi itu yang terbaik. Ini awal yang indah. Saya akan mencoba menikmatinya, hari demi hari," ucap Roglic seusai balapan.

Sementara itu, dua rider unggulan Tom Dumoulin (Jumbo-Visma) dan Alejandro Valverde (Movistar) tertinggal hampir satu menit dari Roglic. Sementara Chris Froome (Ineos Grenadiers) terlempar sangat jauh. Froome finis ke-72 dengan gap lebih dari sebelas menit dari Roglic. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 4 jam 22 menit 34 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +1
3. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +1
4. Esteban Chaves (Kolombia), Mitchelton-Scott +1
5. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +1
6. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1
7. Hugh Carthy (Ingris Raya), EF Pro Cycling +4
8. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +10
9. George Bennett (Selandia Baru), Jumbo-Visma +40
10. Andrea Bagioli (Italia), Deceuninck-QuickStep +51

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 18

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Jumbo-Visma


COMMENTS