Sandi Uno Makin Intens Gowes Sejak Pandemi

| Penulis : 

Selain aktif di olahraga basket dan lari, Sandiaga Salahuddin Uno juga sering bersepeda. Intensitas gowesnya semakin meningkat sejak pandemi Covid-19. Sandi, sapaan akrabnya berharap industri sepeda dalam negeri semakin maju.

"Semenjak pandemi saya cukup rutin gowes. Tiga sampai empat kali seminggu," ungkap Sandi kepada Mainsepeda.com, Rabu (14/10) siang. Pengusaha sekaligus politisi itu acap kali mengunggah aktivitas bersepeda di akun Instagram miliknya.

Sandi sering gowes bersama keluarga atau dengan komunitas sepeda. Ketika sedang kunjungan ke luar pun Sandi acap kali berkeliling dengan bersepeda. "Gowes paling jauh di Phuket, Thailand. Waktu itu saya gowes 120 kilometer," katanya ketika ditemui di Banyuwangi.

Sandi mengaku tak hanya menunggangi satu jenis sepeda saja. Ia suka gowes dengan sepeda lipat, sepeda gunung (MTB), serta road bike. "Kalau seli, saya suka dalam kota. Road bike untuk rute panjang. Sedangkan MTB untuk trail," jabar alumnus George Washington University itu.

Dengan booming-nya sepeda di dunia, termasuk Indonesia, Sandi berharap momen ini dapat membangkitkan industri sepeda dalam negeri. "Dengan begitu bisa membuka lapangan kerja yang lebih banyak. Sebab sepeda sedang in banget," terang pria 51 tahun ini.

Selain itu, sepeda telah menjadi bagian yang terpisahkan dengan sektor pariwisata. Contohnya di Kabupaten Banyuwangi. Ada banyak event sepeda yang digelar di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu. Salah satunya International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI).

"Sepeda menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari revolusi industri olahraga. Dalam sport tourism itu sepeda termasuk di dalamnya," ucapnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 17

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Instagram Sandiaga Uno

Populer

Carlos Rodriguez Bungkus Gelar Juara Umum Tour de Romandie
Bike and Camp, Cara Unik Mumed CC Gelar Acara Halal Bihalal 
Kalender Event Mainsepeda 2024: East Java Journey Pertama, Bromo KOM X 18 Mei
Kolom Sehat: Sisi Lain Bromo
Tour de Romandie 2024 Etape 4: Puasa Kemenangan Eks Juara Olimpiade Berakhir di Leysin
Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya Bareng Komunitas, Azrul Ananda Melintasi Tanjakan Kaki Gunung Ciremai
Bromo KOM X Kategori Women Elite: Chika Zerra Berambisi Pertahankan Gelar
Attack di 60 Km Akhir, Mathieu van der Poel Menang Fenomenal di Paris-Roubaix
Pompa Ban Anda sesuai Berat Badan
Kolom Sehat: MVDP dan Nuntun Sopan di Koppenberg