Jakobsen Jalani Operasi Selama Lima Jam
by - August 06, 2020
Jakobsen Jalani Operasi Selama Lima Jam
by MainSepeda - August 06, 2020

Deceuninck-QuickStep memberikan kabar terbaru dari Fabio Jakobsen. Juara nasional Belanda ini menjalani operasi wajah selama lima jam pada Rabu (5/8) malam waktu setempat. Kini tim dokter berusaha membangunkan Jakobsen dari koma.

Operasi itu dilakukan menyusul kecelakaan hebat di etape pertama Tour de Pologne 2020 kemarin malam. Jakobsen terlempar keluar lintasan karena sebuah dorongan dari Dylan Groenewegen (Jumbo-Visma). Pada saat itu keduanya tengah beradu sprint kencang menuju garis finis.

Baca Juga: Kecelakaan Mengerikan, Jakobsen Mengalami Koma, Groenewegen Didiskualifikasi

Insiden tersebut membuat Jakobsen cedera parah. Ia bahkan mengalami koma. Jakobsen langsung dilarikan ke rumah sakit. Setelah berjam-jam ditangani tim medis, kondisi pembalap 23 tahun itu mulai stabil. Hanya saja ia masih koma.

"Fabio Jakobsen menjalani operasi wajah pada Rabu malam. Keadaannya stabil saat ini. Tim dokter akan berusaha membangunkannya," tulis pernyataan resmi Deceuninck-QuickStep, Kamis (6/8) sore. "Sekali lagi, kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang sangat besar!" imbuhnya.

Baca Juga: Fabio Jakobsen Mulai Stabil, Tapi Masih Koma

Jakobsen bukan satu-satunya korban di kecelakaan horor ini. Setidaknya setengah lusin pembalap terluka. Termasuk Marc Sarreau (Groupama-FDJ), Jasper Philipsen (UAE Team Emirates), Damien Touze (Cofidis), Eduard Prades (Movistar), dan Groenewegen sendiri. Juga salah satu juri.

Mereka yang terluka parah dikirim ke Rumah Sakit Spesialis Provinsi di Sosnowiec untuk menerima bantuan medis lebih lanjut. "Setelah melihat kecelakaan itu, kami mengkhawatirkan yang terburuk, tetapi sekarang kami tahu kondisi Fabio Jakobsen dalam keadaan stabil," kata Czesław Lang, Direktur Tour de Pologne.

"Salah seorang juri juga telah sadar dan berada dalam kondisi stabil. Saya ingin berterima kasih kepada para dokter dan staf rumah sakit atas bantuan dan perawatan mereka yang cepat. Saya berharap semua korban kecelakaan cepat sembuh," harap Lang dalam keterangan resminya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 8: Jangan Sampai Celaka Konyol di Jalan

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS