Banyuwangi, Tempat Terbaik untuk Bersepeda di Indonesia

Tak salah apabila Banyuwangi disebut sebagai tempat terbaik untuk bersepeda di Indonesia. Mereka punya sarana olahraga bersepeda yang komplet. Bukan hanya itu, kota di ujung timur Pulau Jawa ini menyuguhkan tujuh event bersepeda sepanjang tahun.

Banyuwangi berkembang pesat dalam satu dekade terakhir. Mereka beken karena sering menggelar berbagai event. Baik yang bertema pariwisata, kesenian, keagamaan, kuliner, dan olahraga. Total ada 123 agenda yang masuk dalam Majestic Banyuwangi Festival 2020.

Dari ke-123 agenda tersebut, 14 di antaranya adalah event olahraga. Dan, tujuh di antaranya bertema sepeda. Agenda bersepeda di Banyuwangi dibuka dengan 'Banyuwangi International BMX', 4-5 April 2020. Ajang ini mempertandingkan kelas C1 dan Hors Class (HC). Pesertanya datang dari dalam, dan luar negeri.

Kemudian, bagi cyclist yang doyan tanjakan, silahkan datang ke Banyuwangi pada Juli nanti. Sebuah event bersepeda bertajuk 'Blue Fire Ijen Challenge 2020' akan dilangsungkan medio Juli. Event ini mengajak cyclist menyusuri keindahan Banyuwangi hingga kaki Gunung Ijen.

Banyuwangi akan menggelar dua event bersepeda sekaligus pada Agustus nanti. Pertama adalah 'Mountain Bike Enduro'. Ajang yang berlangsung pada 9 Agustus ini diperuntukkan mereka yang doyan gowes menggunakan sepeda gunung (MTB).

Lalu, Banyuwangi juga memanjakan penggemar sepeda lipat. Khususnya merek terkenal asal Inggris, Brompton. Menggandeng Brompton Owners Group Indonesia (BOGI), Banyuwangi akan menjadi tuan rumah event BOGI Explore Banyuwangi, medio Agustus.

Setelah itu mereka akan menggelar 'Banyuwangi XC Race' pada pertengahan September, dan 'Women Cycling Challenge' pada awal Oktober. Seluruh agenda bersepeda di Banyuwangi akan ditutup dengan 'International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI)' pada akhir Oktober.

"Kenapa kami memilih sepeda karena olahraga ini sedang booming dalam beberapa tahun terakhir," bilang Kadispora Banyuwangi, Zen Kostolani kepada Mainsepeda.com.

Banyuwangi tak hanya menggelar event, mereka juga menawarkan rute menarik untuk pesepeda. Oleh sebab itu, Zen mengajak seluruh cyclist di Indonesia, dan luar negeri untuk gowes di Banyuwangi. Selain rute yang komplet, pesepeda juga dimanjakan dengan panorama yang luar biasa indah.

"Banyuwangi ini luar biasa terkait dengan medan bersepeda. Banyuwangi dekat dengan pantai, dan dekat juga dengan gunung. Sehingga rutenya sangat menarik. Ada tanjakan, ada turunan, dan ada medan datar. Semuanya komplet. Makanya, ayo bersepeda ke Banyuwangi," ajak Zen.(mainsepeda)


COMMENTS