Inilah Lima Agenda Gowes di Banyuwangi Tahun ini


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi telah merilis Banyuwangi Festival 2022. Berisi agenda-agenda seni-budaya, sosial-keagamaan, wisata alam, hingga olahraga yang akan berlangsung di kota di ujung timur Pulau Jawa itu pada tahun ini. Dari total 99 agenda itu, lima di antaranya terkait dengan bersepeda.

Banyuwangi menjadi salah satu kota di Indonesia yang rutin menggelar event bersepeda selama satu dekade terakhir. Mulai kepemimpinan Abdullah Azwar Anas selama dua periode, hingga kini di bawah komando bupati Ipuk Fiestiandani.

Rangkaian acara bersepeda di Banyuwangi akan dibuka dengan Ikawangi (Ikatan Keluarga Banyuwangi) Cycling pada 9 Maret nanti. Selain gowes, gelaran ini akan diiringi aktivitas sosial. Salah satunya dengan memberikan bantuan kepada masyarakat berupa santunan hingga bedah rumah.

Berlanjut pada 21-22 Mei mendatang. Banyuwangi kembali menggelar kompetisi BMX dengan tajuk Banyuwangi International BMX ICF Series. Ini adalah kali pertama Banyuwangi membuat balapan BMX setelah vakum selama dua tahun karena pandemi.

Banyuwangi juga mengakomodasi pecinta disiplin sepeda gunung (MTB). Tak tanggung-tanggung, terdapat dua event yang siap digelar. Pertama adalah Ijen Erek erek enduro by SART pada 24-25 Juni. Kemudian Banyuwangi Ijen Geopark Downhill 2022 ada 1-2 Oktober.

Selain itu, Banyuwangi juga mempersiapkan event untuk pengguna road bike, namanya Blue Fire Ijen Chellenge. Event ini akan diselenggarakan pada penghujung September nanti. Seperti dua tahun sebelumnya, Banyuwangi meniadakan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) tahun ini.

"Arah kebijakan pemerintah Banyuwangi adalah dengan peningkatan atau pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi. Sehingga saat ini Dispora menyusun rencana event olahraga yang mempunyai komunitas dan peminat yang banyak. Harapannya dapat meningkatkan kunjungan ke Banyuwangi," terang Kepala Dispora Banyuwangi, Abdul Aziz Hamidi.

Selain menggelar lima event sepeda, Banyuwangi juga menyelenggarakan turnamen tenis junior, atletik, serta parade paralayang. Banyuwangi juga ditunjuk sebagai host event surfing bertajuk Quicksilver Pro G Land 2022 pada Mei-Juni nanti. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray episode 71

Foto: Humas Banyuwangi


COMMENTS