DEWO PRATOMO
Pengusaha event organizer dan entertainment ini sebelumnya kondang sebagai penyiar radio dan MC. Lulusan Universitas Gadjah Mada ini dikenal sebagai pencair suasana yang handal. Gurauan dan tulisannya mampu membuat orang terkekeh hingga tertawa terbahak-bahak. Dia sebenarnya bukan cyclist, tapi punya begitu banyak teman (dan pengikut) yang cyclist. Sudut pandangnya tentang cycling dan para cyclist seru walau kadang kurang ajar!
Pulau Langkawi, Malaysia Cocok untuk Gowes Sekaligus Berwisata
Nama Langkawi sudah tidak asing di telinga saya. Nama salah satu pulau di Malaysia ini digunakan sebagai nama even balap sepeda paling besar di Asia Tenggara, Tour de Langkawi. Tahun 1996 dahulu, balap sepeda masuk dalam kalender UCI Asia Tour 2.0 HC ini digelar pertama kali di pulau yang dekat dengan perbatasan Malaysia-Thailand ini. Tanggal 12-15 Agustus lalu, saya bersama tim OtakOtak Event Organizer diundang oleh Shuehaini Shamsudin untuk mempromosikan Langkawi sebagai salah satu destinasi b
STORY: Me and My Bike (24)
“Nibali” Menginspirasi Dagadu Djokdja
Menggeluti dunia kreatif, Ahmad Noor Arief dituntut untuk terus mencari inspirasi. Maklum, Arief, sapaan akrabnya adalah bos Dagadu Djokdja. Produsen apparel terutama kaus yang banyak bermain kata-kata asal Yogyakarta. Salah satu cara mencari inspirasi kata-kata menggelitik adalah dengan bersepeda.
STORY : Me & My Bike (12)
Keranjingan Bersepeda ke Kandang Sapi dan Rute Wangi Molto
Mau bahagia? Belilah sepeda. Itu resep Luddy Bedjo Legowo. Berat badan turun 20 kg, badan jadi lebih enteng. Sakit penyakit hilang. Bahkan bisa lebih membahagiakan istri.
Catatan Mengikuti Ulang Tahun Kupang Road Cycling (KRC)
Rindu Ikut Even, Tahun Depan Buat Even
Dapat undangan ulang tahun? Sering banget. Tapi undangan kali ini istimewa! Mesti terbang dua jam dari Surabaya dulu. Hahaha… Ya, saya dapat undangan memotret ulang tahun pertama komunitas Kupang Road Cycling (KRC) di Kupang, NTT. Maklum, saya kan, wartawan facebook! Hahaha…
Penyakit Velodrome Terhibur Gembok Neroko
Ketika jersey polkadot terakhir dipasangkan kepada Queen of the Mountain (QOM) Master B, hati saya plooonggg rasanya. Berakhir sudah rangkaian even Antangin Bromo KOM Challenge 2018, di Wonokitri, Bromo, 21 April lalu.
Catatan AA SoS Malaysia Training Camp 2018
Tertahan Macet gara-gara Sepasang Anjing “On Fire”
Wajah-wajah sumringah terlihat dari para peserta, sesampainya di hotel di Cameron Highlands, markas Azrul Ananda School of Suffering (AA SoS) Malaysia Training Camp 2018. Mereka –total 35 orang-- terlihat semangat, walau sejak dini hari sudah dihajar penerbangan dan perjalanan darat berjam-jam naik pegunungan.
Primbon Hari Baik Bersepeda
Karena bersepeda adalah soal bepergian, boleh saja menentukan hari baik berdasarkan weton menggunakan panca suda, seperti yang dilakukan orang Jawa. Yaitu menghitung neptu dengan menjumlahkan hari lahir menurut kalender masehi (Senin, Selasa, dan seterusnya) dengan hari pasaran menurut kalender Jawa (legi, pahing, pon, wage, dan kliwon).
Jangan Kasih Jempol Si Tukang Foto
Memotret orang bersepeda itu jauh lebih sulit daripada MotoGP dan Formula 1. Berdasarkan pengalaman saya meliput event-event sepeda dan mengunjungi sirkuit-sirkuit kelas dunia, percayalah! Bahkan memotret event sepeda orang Indonesia pun lebih sulit dari memotret aksi Valentino Rossi atau Lewis Hamilton!