Bukit Jeddih yang Terjangkau dan Instagrammable
by Yudy Hananta - June 06, 2019

Tujuan bersepeda adalah ingin sehat, relaksasi dan jalan-jalan. Dengan bersepeda kita bisa mengeksplorasi suatu daerah.

Setelah mencapai tujuan, foto-foto jadi hal wajib. Buat cyclist yang tinggal di Surabaya atau sedang berkunjung ke Surabaya, bisa mencoba gowes ke Bukit Jeddih di pulau Madura.

Stevanie Krisma.

“Sangat keren tempatnya, bukitnya adalah bukit kapur jadi semuanya putih. Jika difoto maka sangat kontras dengan kita dan sepeda kita. Tentu membuat jadi keren masuk instagram atau medsos lain!” tutur Catharina Budyono, cyclist asal Lombok yang menyempatkan diri gowes ke Bukit Jeddih kala berlibur ke Surabaya.

Catharina Budyono.

Tak jauh, agar memudahkan cyclist, meeting point di Galaxy Mall 3. Lantas gowes menyusuri Jalan Ir. Soekarno (MERR) lalu belok kiri masuk ke jalan raya Kenjeran. Dan di perempatan jalan Kedung Cowek, silakan belok kanan menuju jembatan Suramadu.

Beruntung, jembatan ini boleh dilalui sepeda dengan gratis. Tentu harus mengambil jalur kiri yakni jalur motor. Perhatikan, jalanlah satu-satu karena jalur ini sempit dan harus berbagi dengan motor.

Jika beruntung lalu lintas tidak terlalu ramai, bisa berfoto-foto sejenak dengan latar belakang tiang jembatan Suramadu yang tersohor itu. Setelah melalui jembatan sepanjang sekitar 5 km itu, kita akan turun di sisi Pulau Madura.

Setelah itu, di sebelah kiri akan ada Jalan Raya Labang dengan kontur menaik. Silakan ikuti jalan itu dan memasuki Desa Labang. Ikuti terus kita-kira 10 km maka akan langsung sampai ke Bukit Jeddih.

Mayoritas jalanan beraspal meskipun di beberapa bagiannya ada yang berlubang. Begitu memasuki kawasan Bukit Jeddih, jalannya masih belum aspal dan berupa tanah makadam (gravel) maka sangat cocok membawa sepeda gravel atau MTB. Tapi sepeda road bike biasa masih bisa melaluinya tanpa kuatir ban bocor.

Semua spot di Bukit Jeddih sangat instragrammable. Ada tempat wisata yakni Goa Pote dan kolam renang yang bisa dikunjungi. “Harus bayar lima ribu rupiah per orang untuk masuk,” bilang Yohan Hoki yang kerap membawa teman-teman dari luar Surabaya mengunjungi Bukit Jeddih ini.

Stevanie Krisma mengaku sangat senang. Sudah lama cyclist anggota RatjoenCC Malang dan WCC Malang ini ingin mengunjungi Bukit Jeddih. "Yang spesial tentunya gowes menyeberangi Jembatan Suramadu. Dan kesampaian juga foto-foto di bukit full kapur itu," ujar Stevanie yang akan mengajak teman-teman RatjoenCC dan WCC untuk ke Bukit Jeddih. 

Setelah puas berfoto-foto, baliknya, bisa mampir ke Bangkalan untuk makan bebek yang terkenal itu, Bebek Sinjay. Yuk, mampir Madura dengan sepeda untuk foto-foto dan makan! (yudy hananta)

Foto-foto: Yohan Hoki 


COMMENTS