Bintaro Loop atau sering disebut Binloop, merupakan salah satu rute gowes yang terkenal di wilayah Jabodetabek. Ada beberapa hal yang membuat Binloop menjadi rute kesukaan para cyclist.

Koordinator Bintaro Loop Toto Sudarsono menuturkan, dukungan pengembang, Jaya Real Property, menjadi yang paling penting. Sebab, mereka memberikan fasilitas dan mendukung berbagai kegiatan yang diadakan di sana.

"Mereka (Jaya Real Property) selalu ada komunikasi. Misalnya jalan ada lubang sedikit dan ada laporan, sudah ditambal dalam waktu satu-dua hari. Sampai membuat spanduk utamakan pesepeda dan pejalan kaki," ujar Toto.

Binloop sendiri ada dua jalur, yaitu jarak 13 kilometer dan sembilan km. Dinamakan loop karena memang treknya memutar dan berada di daerah Bintaro, Jakarta Selatan.

Selain dukungan pengembang, menurut Toto ada beberapa hal yang membuat Binloop ideal bagi para cyclist. Jalurnya cukup menantang. Tidak hanya flat saja. Ada naik, turun, dan faktor angin yang kencang untuk jalur 19 kilometer.

"Bagus buat latihan. Jadi, orang yang biasa main di dalkot (dalam kota) lalu main di Binloop, mereka agak kewalahan menaklukkan trek. Kalau orang Binloop main keluar, rata-rata nggak ada masalah," ungkapnya.

Selain soal trek, fasilitas pendukung lain juga memanjakan para cyclist. Saat ini di sekitar sana banyak terdapat ruko yang berisi cafe, minimarket, hingga toko sepeda. Tentu saja ini fasilitas ini sangat mendukung para pesepeda.

"Kalau mau parkir tidak sulit. Lalu soal keamanan juga bagus. Hampir jarang terjadi begal sampai sekarang. Itulah kelebihan Binloop," terang mantan pebasket nasional itu. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 40

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Dokumentasi Toto Sudarsono, Bintaro Loop


COMMENTS