Kolom Sehat: Spoiler EJJ 2024

Spoiler adalah istilah yang identik dengan perfilman. Artinya seseorang yang berusaha memberikan informasi mengenai jalannya pertunjukan, hingga kejutan dan jalan ceritanya menjadi tertebak. Akhirnya pertunjukkan itu tak menarik lagi.

Nahhhh, sama seperti hari ini, Jumat 1 Maret 2024, saya lagi-lagi tercatat sebagai salah satu peserta EJJ 600 km. Setengah dari rute full, katanya.

Nah menariknya edisi kali ini seperti tahun lalu. Peserta ketegori full journey 1.500 km melewati lebih dulu rute yang akan saya dan peserta 600 km yang lain ikuti juga.

Nahhhh yang jadi problem, sampai Kamis pagi pukul 10.30, saya memilih sepeda English Iceberg saya (warna putih biru seperti bongkahan es di tengah laut).

Semua grup sedang membicarakan persiapan kami untuk hari ini. Tiba tiba ada orang yang bertanya kepada saya. Om JB (John Boemihardjo) kok cekeran?

Nah loh, Om JB saja cekeran. Mungkin kalau Om JB kekuatannya masih unda-undi sama saya, ya pantas cekeran. Pantas nyurung (nuntun).

Yang jadi pertanyaan, Om JB yang sekuat itu kenapa ya kok cekeran? Lemah juga nggak mungkin.

Saya lihat sendiri video-video EJJ 2024 dari peserta kategori 1500. Wih ternyata rutenya sejenis film horror buat pesepeda road. Horror karena penuh lumur dan jalan rusak.

Dalam video yang saya dapat, Om John (JB) terlihat setengah berlari melewati medan itu. Setelah itu disusul video dan foto lain.

Memang rute ini update-nya tidak kita lewati, tapi ada kemungkinan rute 600 menjadi seperti itu juga. Saya trauma dengan kejadian di EJJ 2023. Di mana hanya melewati rute seperti itu, tapi 5 km saja fisik saya sudah terkuras habis.

Nah ini ceritanya 600 km loh. Katanya, medannya 20 murni dan 35 plus aspal pecah. 

Melihat itu, saya jadi harus cepat berpikir. Sepeda Ashura saya memang lagi diganti parts-nya menjadi 1by. Handlebar bertanduk, tapi sebenarnya masih mau saya pakai setelah EJJ.

Saya harus berpikir cepat karena kalau tidak saya akan tersiksa di hari kedua. Sebab saya kira medan gravelnya seperti tahun lalu. Ternyata agak beda.

Bedanya apa? Bedanya yang dulu sakit, yang sekarang LAKNAT.

Akhirnya, saya memutuskan mengganti sepeda ke English Iceberg. Sebab sepeda saya optimal hanya sampai ban 32c. Itupun mepet sekali.

Itulah spoiler rute EJJ 2024 600. Spoiler rute ini bisa positif buat saya. Karena bisa saja saya lebih baik tetap pakai Iceberg dan ban halusnya, tapi yang pasti spoiler membuat ketakutan berlebihan sebelum event.

Jadi, pilihannya pada Anda. Anda butuh spoiler rute apa tidak? Kalau saya menjawabnya, kembali ke pribadi masing-masing. Semoga saya bisa bertahan lepas dari benar atau salahnya pilihan saya. Sekian.(Johnny Ray)

Foto: @motretsport


COMMENTS