Kolom Sehat: What Next?

Loh kan, nggak kerasa udah bulan 12. Kurang dikit lagi tahun tanggalannya udah tahun 2024.

Sudah berapa lama Anda bersepeda, sudah ikut event apa aja? Tujuan bersepeda apa yang sudah tercapai? Berat badan apa sudah sesuai yang diinginkan?

Tujuan apa lagi yang ingin anda capai? Catatan waktu yang membaik? Piala yang menumpuk di lemari atau di strava. Atau medali event yang bikin pajangan penuh?

Mumpung akhir tahun, event sudah pada selesai, tahun baru masih dua mingguan lagi, jadi gunakan waktu-waktu ini untuk menentukan target tahun depan.

Kalau tujuan saya tahun depan masih sama. Masih bersepeda untuk menjaga kesehatan. Juga mengikuti event-event sepeda untuk memberikan motivasi. Juga menepis rasa jenuh, maklum sudah lebih satu dasawarsa ke mana-mana bersepeda, kesehatan saya memaksa saya untuk harus dan tetap bersepeda. Karena karambol dan halma tidak bisa menjaga kondisi kesehatan saya.

Tahun depan saya yakin event semakin banyak. Makin banyak tawaran-tawaran rute yang menarik. Pilihan ada di masing-masing pesepeda. Suka yang bagaimana.

Salah satu cara menentukan langkah ke depan yang baik adalah dengan menganalisa kembali apa yang sudah dilalui di tahun ini. Rute bagaimana yang Anda suka? Rute bagaimana yang tidak bersahabat dengan Anda? Dengan siapa Anda cocok bersepeda. Berkelompok atau sendiri?

Kalau berkelompok, kelompok yang mana? Poin-poin ini menentukan bagaimana di kemudian hari Anda bersikap, termasuk sepeda seperti apa yang menurut Anda paling pas dengan Anda. Sepeda yang cepat dan ringan? Sepeda yang berat tapi tangguh? Atau sepeda beroda kecil seperti minion, atau sepeda lipat?

Tiap individu berbeda-beda. Intinya apapun itu buatlah rencana yang bisa digapai. Segera tandai agenda Anda untuk bisa mengikuti acara-acara sepeda yang sudah terjadwal.

Kalau kesulitan, Anda bisa mendapatkan izin atau visa, maka siapkan visa itu mulai dari sekarang.

Siapa yang memberi izin? Syarat-syarat apa yang harus dipenuhi agar visa itu keluar segera lengkapilah. Agar ketika mendekati hari H, Anda tidak perlu capek-capek memutar otak untuk meminta izin. Baik izin rumah maupun izin kantor ya, wkwkwkw .

Kalau tujuannya ingin memiliki sepeda baru, atau part baru maka menabunglah mulai sekarang hingga bisa tergapai cita-cita membeli barang yang bikin nggak bisa tidur itu.

Masih ada waktu cukup panjang. Resapi dan rencakan.

Sehingga begitu tahun depan dimulai, Anda sudah tahu mau bagaimana dengan hobi Anda ini. Yang penting sekarang nikmati liburannya.

Saya ucapkan selamat Natal untuk yang merayakan. Dan, untuk semua selamat tahun baru. Sekian.(Johnny Ray)


COMMENTS