Rebut Etape 4 Secara Dramatis, Jasper Philipsen Raih Brace di Tour de France


Duel sprint Philipsen dan Ewan di beberapa meter jelang finis

Jasper Philipsen (Alpecin-Deceuninck) meraih brace kemenangan Tour de France 2023. Ia merebut juara etape ke-4. Setelah sebelumnya menang di etape ke-3.

Philipsen berhasil menjadi yang terdepan diikuti Caleb Ewan (Lotto-Dstny) di posisi kedua dan Phil Bauhaus (Bahrain-Victorious) di urutan ketiga. Etape keempat bisa dibilang rute yang mayoritas datar. Start dari Dax dan finis di Nogaro.

Philipsen berhasil meraih kemenangan dengan dramatis, ia finis sangat tipis dari Ewan yang berada di posisi kedua. Bahkan ia harus menunggu beberapa saat untuk bisa memastikan kemenangannya karena commissaire harus melakukan cek photo finish terlebih dulu.


Kemenangan tipis Philipsen atas Ewan di garis finis

“Pada akhirnya saya senang bisa meraih kemenangan. Ini etape yang cukup mudah dibanding tiga etape sebelumnya. Saya rasa semua pembalap sedang menyimpan tenaga untuk balapan di Pyreness besok,” ujar Philipsen dilansir dari Cyclingnews.

“Saya mendengar tabrakan yang terjadi di belakang, saya berharap semua baik-baik saja,” imbuh Philipsen.

Baca Juga: Menangi Sprint, Jasper Philipsen Juara Etape 3 Tour de France

Etape keempat memang sempat diwarnai insiden kecelakaan jelang garis finis. Di 10 kilometer jelang garis finis, Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) dan Mark Cavendish (Astana-Qazaqstan) memimpin peloton menuju tikungan yang sangat sempit, para pembalap kemudian melakukan sprint. Ketika di tikungan, terjadilah insiden kecelakaan di dalam peloton.

Beberapa pembalap terlibat crash. Ada Luin Leon Sanchez (Astana-Qazaqstan) yang dilaporkan mengalami patah tulang selangka. Juga Jacopo Guarnieri (Lotto Dstny) yang mengalami cedera yang cukup parah. Fabio Jakobsen (Soudal-Quickstep) juga termasuk pembalap yang terjatuh, namun ia berhasil melanjutkan balapan hingga garis finis meski berlumuran darah.

Sementara itu, Adam Yates (UEA Team Emirates) masih bisa mempertahankan jersey kuning di hari keempat Tour.(mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS