Menangi Sprint, Jasper Philipsen Juara Etape 3 Tour de France


Jasper Philipsen (paling kiri) ketika beradu sprint menuju finis etape 3 Tour de France 2023.

Etape 3 Tour de France 2023 berakhir dengan sprint berkelompok menuju finis. Jasper Philipsen (Alpecin-Deceuninck) berhasil menjadi pemenangnya. Ia unggul atas Phil Bauhaus (Bahrain Victorious) dan Caleb Ewan (Lotto-Dstny).

Gelar ini merupakan yang ketiga untuk Philipsen di Tour de France. Sempat terjadi drama di etape ketiga ini. Yakni ketika commissaire memutuskan meninjau ulang rekaman video di finis.

Sempat ada dugaan Philipsen bergerak terlalu jauh dari jalurnya saat sprint. Hal itu sempat dianggap menghalangi pembalap Jumbo-Visma, Wout Van Aert.

Namun akhirnya commissaire memutuskan Philipsen tak melakukan kesalahan. "Sempat cemas. Ya, mereka (commissaire) ternyata membuat balapan ini cukup seru di akhir," canda Philipsen setelah dinyatakan sebagai pemenang.

Keberhasilan Philipsen tak lepas dari support luar biasa dari rekan setimnya, Mathieu van der Poel dan Jonas Rickaert.

“Jonas (Rickaert) melakukan bagian pertama dengan hebat. Lalu Mathieu juga melakukan pekerjaan yang fantastis," ujarnya. Tiga pembalap Alpecin-Deceuninck (Rickaert, Van der Poel dan Philipsen) memang bekerjasama cukup apik, terutama di 2 km menuju finis.


Mathieu van der Poel memeluk Philipsen setelah menjuarai etape 3. 

Etape ketiga berjarak 185 km. Dimulai dari sisi barat laut Basque dengan serangkaian empat tanjakan kecil. Pemimpin klasemen Mountain, Neilson Powless (EF Education-EasyPost) mencoba tenang di peloton. Ia berupaya mengumpulkan lebih banyak poin demi menjaga posisinya di klasemen Mountain.

Sementara itu, Adam Yates (UAE Team Emirates) di etape 4 masih memegang pimpinan klasemen general classification (GC). Adam relatif tak menemui kendala di etape ini.

Balapan akan berlanjut di etape 4 yang memiliki rute sepanjang 184 km, dari Dax ke Nogaro. Rute ini lebih datar dan masih memungkinkan balapan berakhir dengan sprint berkelompok.(mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS