Tirreno-Adriatico 2023: Roglic Menang Lagi dan Kuasai Puncak GC

Primoz Roglic (Jumbo-Visma) menang lagi. Pembalap asal Slovenia itu menjadi yang terbaik di Etape 5 Tirreno-Adriatico 2023 pada Jumat (10/3) malam waktu Indonesia. Ini adalah kemenangan keduanya secara beruntun di ajang ini. Sekaligus membuat Roglic naik ke puncak General Classification (GC).

Etape merupakan mountain stage satu-satunya di Tirreno–Adriatico 2023. Pembalap harus menyelesaikan rute sepanjang 168 km. Lomba dimulai dari Morro d'Oro dan finis di puncak Sarnano-Sassotetto yang memiliki gradien maksimal 9,8 persen dengan panjang 13,2 km. 

Cerita menarik terkait tahapan ini justru terjadi sebelum balapan dimulai. Cuaca yang sedang tidak bersahabat di Sassotetto membuat RCS Sport sebagai penyelenggara memangkas tanjakan terakhir, dari 13,2 km menjadi 10,7 km. Sebagai hasilnya, rute baru membuat peloton menempuh etape yang lebih pendek, yakni 165,6 km.

"Karena kondisi cuaca angin kencang di puncak gunung, RCS Sport memutuskan untuk mengubah garis finis dibandingkan dengan yang direncanakan sebelumnya. Untuk memastikan keselamatan balapan dan semua yang menjadi bagiannya," bunyi pengumuman resmi RCS pada Jumat pagi waktu setempat.

Lokasi finis terbaru di etape 5 ditempatkan di area yang sebelumnya digunakan untuk parkir bus tim di Rifugio Fonte Lardina. Rute anyar membuat pembalap harus mendaki sejauh 10,7 km dengan gradien rata-rata 7,3 persen dan kemiringan maksimum 14 persen.

Damiano Caruso (Bahrain Victorious) melakukan manuver di sisa 4,6 km

Puncak keseruan di tahapan ini terjadi di 1,5 km terakhir. Ketika Enric Mas (Movistar) mulai melakukan manuver. Pembalap Spanyol ini mencoba mengejar Damiano Caruso (Bahrain Victorious) yang melarikan diri di sisa 4,6 km. Giulio Ciccone (Trek-Segafredo), Mikel Landa (Bahrain Victorious), dan Hugh Carthy (EF Education-EasyPost) mengikuti langkah Mas.

Tapi angin kencang membuat laju mereka sedikit melambat. Sementara itu, Roglic yang dikawal Wilco Kelderman (Jumbo-Visma) berhasil mengejar. Roglic berhasil memungkasi aksinya dengan sempurna. Pembalap 33 tahun ini berhasil menang sprint.

Roglic finis pertama dengan catatan waktu 4 jam 38 menit 32 detik. Ciccone dan Tao Geoghegan Hart (Ineos Grenadiers) finis kedua dan ketiga. Begitu melewati garis finis, Roglic langsung dibawa ke sebuah ruangan hangat dalam gedung beton terdekat. Tempat ini juga berfungsi sebagai podium tertutup.

"Saat ini saya memakai baju hangat yang berlapis-lapis. Kondisi di luar begitu sulit. Angin sangat kendang dan dingin," kata Roglic.

Roglic memuncaki General Classification (GC) dan meraih jersey biru

Roglic sedikit terkejut atas keberhasilannya menang di etape ini. Pertama, karena balapan begitu sulit dengan cuaca ekstrem. Pada hari yang sama kondisi serupa juga terjadi di Paris-Nice 2023. Membuat penyelenggara harus membatalkan etape 6 di ajang tersebut.

Kedua, ini adalah kemenangan keduanya secara beruntun di Tirreno–Adriatico 2023. Roglic tak menyangka bisa naik podium lagi di gelaran ini. "Saya baru saja kembali ke balapan dan saya telah memenangkan dua etape. Ini sangat keren," terangnya.

Kemenangan ini membuat Roglic naik ke puncak GC. Ia menggusur Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe). Keduanya hanya terpaut enam detik saja. "Saya telah mencapai lebih dari yang saya kira. Tetapi dengan orang-orang yang kami miliki di sini, kami akan berusaha melakukan yang terbaik," tegasnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tirreno–Adriatico 2023 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 4 jam 38 menit 32 detik
2. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +0
3. Tao Geoghegan Hart (Britania Raya), Ineos Grenadiers +0
4. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +0
5. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
6. Aleksandr Vlasov (rusia), Bora-Hansgrohe +0
7. Mikel Landa (spanyol), Bahrain Victorious +0
8. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +0
9. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +0
10. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +0

General Classification usai 5 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 20 jam 17 menit 14 detik
2. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +4
3. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +12
4. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +17
5. Wilco Kelderman (Belanda), Jumbo-Visma +19
6. Tao Geoghegan Hart (Britania Raya), Ineos Grenadiers +19
7. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +21
8. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +22
9. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +24
10. Enric Mas (Spanyol), Movistar +31

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 127

Foto: Getty Images, Jumbo-Visma


COMMENTS