Whiskey on Wheels CC merayakan ulang tahun pertama dengan meluncurkan jersey anyar

Komunitas Whiskey on Wheels (WOW) baru saja merayakan hari jadinya pada 2 September lalu. Komunitas yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah (Jateng) ini telah berusia setahun. Meski rata-rata baru gowes sejak 2020, WOW CC berharap kian lama makin berkembang.

Ketua WOW CC Raymond Adrian menceritakan, awalnya mereka hanya coba-coba bersepeda. Untuk mengisi waktu ketika pandemi Covid-19 melanda pada 2020 lalu. Karena sering berkumpul, lama-lama makin banyak cyclist yang bergabung. Pada saat itu mereka terdiri dari 20 orang.

Proses pemilihan nama komunitas ini terbilang unik. Raymond tidak menampik bahwa nama komunitas mereka terinspirasi dari salah satu minuman beralkohol. "Tetapi kami juga ingin sehat, makanya mulai bersepeda. Jadi, terpilihlah nama Whiskey on Wheels," ungkap Raymond.

Pada awal mereka mulai bersepeda, mayoritas member WOW CC dulu masih menggunakan sepeda lipat dan sepeda gunung (MTB). Mereka mulai beralih ke road bike saat jenis sepeda ini makin digemari masyarakat. Sekitar September 2020. Situasi ini bertahan hingga sekarang.

Saat ini anggota WOW CC sudah mencapai 55 orang. Yang paling muda rata-rata berusia 25 tahunan. Ada pula cyclist yang sudah kawakan. Usianya sudah kepala enam. Kebanyakan mereka merupakan warga asli Semarang atau yang bekerja di Semarang.

Menurut Raymond, ke-55 anggota ini akan terus dijaga kondisnya agar tetap kompak. Jumlah tersebut dirasa sudah pas. Tidak terlampau banyak. Tapi juga tidak sedikit. Sejauh ini mereka cukup mudah untuk berkoordinasi terkait kegiatan komunitas.

WOW CC rutin gowes setiap pekan. Mereka gowes ke luar Semarang pada hari Minggu

Selain itu, keakraban mereka makin hangat karena sudah saling kenal. Bahkan ada banyak anggota yang sudah berteman lama. Rasa pertemanan tersebut terus dipupuk dengan sering berkumpul bersama. Baik saat gowes maupun di luar kegiatan bersepeda.

WOW CC rutin gowes setiap pekan. Tepatnya pada Selasa hingga Minggu pagi. Sekali gowes bisa diikuti 30an cyclist. Untuk agenda weekdays, mereka gowes di sekitar Semarang. Sementara pada Minggu, WOW CC akan bersepeda ke luar kota. Jaraknya minimal 100 kilometer.

Pada 2 September lalu WOW CC genap berusia satu tahun. Mereka mengadakan acara gowes bareng sekaligus meluncurkan jersey terbarunya. Kali ini mereka mengenakan jersey lengan Panjang berwarna biru tua dengan kombinasi merah muda.

"Dulu jersey pertama kami menggunakan gradasi tiga warna. Kalau sekarang lebih mengikuti zaman saja yang sedang booming, yakni jersey polos-polos. Untuk ke depan, kami berencana untuk kolaborasi dengan desainer pakaian," ungkap lulusan Universitas Petra Surabaya itu.

Raymond berharap WOW CC ini bisa tetap eksis. Meski pandemi Covid-19 makin melandai, aktivitas harian kian padat, ia berharap agenda gowes terus dilakukan. "Tetap bersepeda bersama dan tetap berkumpul dengan teman-teman. Tidak cuma sebentar saja. Selain itu juga bisa menjadi komunitas yang lebih berkembang lagi," harapnya. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 110

Foto:Bagus Ernanda Putra/Dokumentasi Whiskey on Wheels


COMMENTS