Van Aert Menang lagi dan Pertahankan Jersey Kuning


Wout van Aert meraih kemenangan ke-35 sepanjang kariernya dengan dramatis. Pembalap tim Jumbo-Visma itu menjadi yang tercepat di Etape 5 Criterium du Dauphine 2022 pada Kamis, 9 Juni 2022. Van Aert unggul sangat tipis atas sesama pembalap Belgia, Jordi Meeus (Bora-Hansgrohe).

Etape 5 kembali berakhir dengan adu sprint. Sebelumnya, para pembalap bertolak dari Thizy-les-Bourgs menuju Chaintré dengan total jarak 162,3 kilometer. Tidak ada tanjakan berat di tahapan ini. Cuma Cote de Dun, tanjakan Kategori 2 yang memiliki gradien 13,5 persen di 600 meter terakhirnya.

Fabien Doubey (TotalEnergies), Jan Bakelants (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux), Sebastian Schoenberger (B&B Hotels-KTM) membuka etape ini dengan aksi breakaway di 40 kilometer setelah start. Tak lama kemudian,  Benjamin Thomas (Cofidis) dan Pierre Rolland (B&B Hotels-KTM) gabung dengan ketiga pembalap itu.

Kelima pembalap breakaway ini sempat memimpin dengan selisih lebih dari dua menit di sisa 100 kilometer. Rombongan terdepan mulai menyusut setelah Rolland tertangkap peloton. Empat pembalap tersisa bersama-sama mengjangkau sepuluh kilometer terakhir.

Pada akhirnya balapan berakhiir dengan adu sprint. Van Aert berhasil menjadi yang tercepat. Ia unggul sangat tipis, hanya beberapa sentimeter dari Meeus. Keduanya nyaris melintasi finis secara bersamaan. Tetapi dalam photo finish terlihat jika Van Aert finis lebih dulu dari rekan senegaranya itu.

"Dua hari yang lalu saya menyalahkan diri sendiri karena tidak menang. Kemarin saya bisa hidup dengan finis kedua. Untungnya, saya berhasil menyelesaikannya di Etape ini," ucap pembalap 27 tahun tersebut dilansir laman resmi Jumbo-Visma.

Ini merupakan podium kedua Van Aert di Dauphine 2022. Sebelumnya, ia finis pertama di Etape 1. Kemenangan ini mempertegas dominasi Van Aert di General Classification (GC). Pembalap asal Belgia ini unggul lebih dari satu menit dari pesaing terdekatnya Mattia Cattaneo (QuickStep Alpha Vinyl).

Van Aert memiliki kesempatan untuk naik podium lagi di Etape 6 pada Jumat, 10 Juni 2022. Balapan akan dimulai dari Rives menuju Gap. Total jaraknya 196,4 kilometer. Ada empat tanjakan yang dilalui. Termasuk dua tanjakan Kategori 2 di Col de Rousset dan Col de Cabre.

"Etape berikutnya akan sulit lagi. Akan ada banyak pembalap yang tertarik untuk breakaway. Tapi kami tak akan menyerah begitu saja. Mulai Sabtu, kami akan membalap untuk Primoz (Roglic) dan Jonas (Vingegaard). Selisih satu menit yang saya memiliki sekarang tidak akan cukup untuk bersaing di GC," serunya. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Criterium du Dauphine 2022 (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +2
2. Jordi Meeus (Belgia), Bora-Hansgrohe +0
3. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +0
4. Edvald Boasson Hagen (Norwegia), TotalEnergies +0
5. Hugo Page (Prancis), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
6. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +0
7. Andrea Bagioli (Italia), QuickStep Alpha Vinyl +0
8. Jan Bakelants (Belgia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
9. Matis Louvel (Prancis), Arkéa Samsic +0
10Juan Sebastián Molano (Kolombia), UAE Team Emirates    +0

General Classification usai 5 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 17 jam 4 menit 31 detik
2. Mattia Cattaneo (Italia), QuickStep Alpha Vinyl +1:03
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:06
4. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +1:32
5. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +1:36
6. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +1:49
7. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +1:55
8. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +1:58
9. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +2:00
10. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +2:10

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 89

Foto: ASO


COMMENTS