Antangin Bromo KOM Challenge 2022 kembali setelah dua tahun pandemi. Jauh lebih heboh dari sebelumnya. Semangat pesertanya pun luar biasa. Dua tahun lalu jumlah pesertanya mungkin lebih banyak. Tapi tahun ini lebih banyak yang finis sebelum cut off time (COT).

Sebanyak 1.000 peserta Antangin Bromo KOM Challenge 2022 dari 135 kota di Indonesia itu gowes dari Mapolda Jawa Timur (Jatim) di Surabaya menuju Wonokitri di Bromo pada Sabtu, 21 Mei 2022. Lokasi start dan pit stop membuat total jaraknya 'didiskon' menjadi 95 kilometer.

Selain jarak yang lebih pendek, jumlah peserta Antangin Bromo KOM Challenge 2022 juga lebih sedikit daripada 2020 lalu. 'Hanya' 1.000 cyclist. Meski demikian, kemeriahannya tidak kalah heboh. Hebatnya, jumlah peserta yang finis sebelum COT pun makin banyak.

"Berdasarkan pengalaman kami, biasanya tak sampai 60 persen yang finis. Tapi, jika melihat penuhnya pelataran Pendopo Agung Wonokitri, sepertinya tahun ini jauh lebih hebat daripada tahun-tahun sebelumnya," ucap Azrul Ananda, founder Mainsepeda.com sekaligus pencetus Antangin Bromo KOM Challenge 2022.

Azrul sangat kagum dengan semangat para peserta. Apalagi sangat minim laporan serta temuan peserta yang mencoba cara curang macam 'tapak sakti'. "Kadang kita malu kalau ada yang bilang cyclist Indonesia banyak akalnya. Sekarang cyclist Indonesia banyak semangatnya," sanjung Azrul.

Chief commissaire Antangin Bromo KOM Challenge 2022, Anri Bartali mengamini pernyataan Azrul. Menurutnya, dari sekitar 1.000 peserta yang berpartisipasi pada tahun ini, mayoritas berhasil finis sebelum COT. "Sekitar 77 persen peserta yang finis sebelum COT," ungkap Bartali.

Seluruh peserta Antangin Bromo KOM Challenge 2022 diharap tidak kapok nanjak di Bromo. Jika belum berhasil finis sebelum COT, harus banyak latihan supaya datang dalam kondisi lebih strong tahun depan. Ingat, Bromo tidak mungkin makin landai. Jika tahun depan kembali lagi, kemiringannya masih sama.

"Jika teman-teman ke Jawa Timur dan mampir ke Bromo, tolong support bisnis lokal yang ada di sini. Beli di warung-warung dan toko-tokonya. Lalu naik ke atas ke penanjakan. Sampai bertemu lagi dan jangan kapok. Ingat, Anda memilih olahraga sepeda," tutur Azrul.

Antangin Bromo KOM Challenge 2022 dipersembahkan oleh Mainsepeda.com dan Antangin. Didukung oleh SUB Jersey, AZA Activewear, Strive, Kahf, MPM Distributor Honda, Wuling, dan Unior Bike Tools sebagai official partner. Juga didukung Disway National Network, Mayapada Hospital, Townsquare Surabaya, Plataran Bromo Hotel & Resort, Johnny Ray Cycling, dan Wdnsdy Bike. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 85


COMMENTS