Ketika tulisan ini tayang, Antangin Bromo KOM Challenge 2022 kurang sehari lagi. Walaupun saya sering menulis bagaimana situasi pengambilan starter kit, juga bagaimana kira kira kemeriahannya, tetap saja vibe-nya terasa luar biasa. Siapa yang ditemui kadang tidak saya sangka. Kawan lama dan tentu saja ada kawan baru. Atau paling tidak baru bertemu. Karena biasanya hanya bertukar pesan di media sosial.

Pernak-pernik pendaftaran juga sangat kental. Peserta yang harus mengambil sendiri starter kit-nya. Membuat Townsquare Surabaya menjadi ramai. Dulu pengambilan starter kit bisa diwakilkan teman. Satu orang dapat mengambilkan puluhan teman. Sekarang tidak bisa. Maka kehadiran peserta lebih terasa.

Saat ini semua latihan juga sudah terlambat dilakukan. Kalau menurut saya, yang bisa dilakuan hanyalah pemanasan sedikit, lalu makan secukupnya. Maksud saya, cukup lakukan dua hal itu. Jangan sampai kelaparan atau bonk ketika di Bromo pada keesokkan harinya. Menikmati hari dengan santai dan bersiap untuk besok.

Rasa cemas yang tiba-tiba datang adalah hal yang biasa. Ada yang takut lapar, ada yang takut terlalu berat. Tapi yang penting, karena sudah daftar, jangan takut mencoba. Finis atau tidak, pelan atau cepat, yang penting adalah.….Anda memilih olahraga sepeda, jadi nikmati eventnya, nikmati rutenya, wkwkwkwk.

Penulis bersama teman-teman dari komunitas Manado Cycling Mania (MCM) di tempat pengambilan starter kit

Entah bagaimana nasib saya bagaimana Sabtu besok. Kuat apa tidak ya? Karena nervous dan kadang saya dijadikan benchmark. Semoga bisa.

Saya akan makan teratur. Cukup. Cukup sering dan cukup banyak. Sampai ketemu di Antangin Bromo KOM Challenge 2022. Peserta yang baru pertama kali berpartisipasi di ajang ini, tolong jaga pace di awal. Tak kan lari gunung di kejar. Jadi sabar aja. Yang penting finis di bawah cut off time.

Mungkin ini tulisan saya di Kolom Sehat yang terpendek. Karena ke-nervous-an juga mempengaruhi daya imajinasi saya. Harap-harap sambil cemas. Sampai bertemu di Bromo KOM. Ikuti eventnya dengan rapi dan semoga kita bertemu di finis. Sekian. (johnny ray)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 85

Foto: Chaidar, Jovan


COMMENTS