Tiara Andini Rebut Emas di Downhill Putri


Tiara Andini Prastika membuat bendera Merah Putih berkibar di Hòa Bình, Vietnam. Tiara meraih medali emas di nomor downhill putri di SEA Games 2021, Minggu (15/5) sore. Ini adalah emas pertama Tiara dalam multievent dua tahunan tersebut.

Tiara melibas rute sepanjang 2,01 kilometer dengan catatan waktu 3 menit 31,53 detik. Satu detik lebih cepat daripada torehan waktunya di seeding run. Pembalap Jawa Timur (Jatim) ini mengungguli Vipavee Deekaballels (Thailand) dan Naomi Gardoce Mapanao (Filipina).

Deekaballels yang selama ini menjadi rival utama Tiara di Asia Tenggara, membukukan catatan waktu 3 menit 42,33 detik. Sedangkan Mapanao menyelesaikan tahapan ini dengan catatan waktu 3 menit 44,77 detik.

"Saya sempat sedikit selip di awal. Beruntung saya bisa menguasai keadaan. Lintasan di trek juga sempit. Tapi saya mampu melewatinya dan akhirnya menjadi yang tercepat," kata Tiara seusai lomba dalam rilis Tim Media CdM.

Tiara memang menjadi salah satu tumpuan Indonesia di cabang olahraga balap sepeda. Ia berhasil menyumbang satu dari tiga emas yang dipatok di SEA Games tahun ini. Raihan ini sekaligus membayar kegagalannya di SEA Games 2019. Kala itu dia finis kedua di belakang Lea Denise Belgira (Filipina).

"Rasanya bahagia dan bangga karena target medali emas berhasil tercapai. Ini memang penantian yang cukup panjang. Tetapi sejak persiapan setahun terakhir, saya yakin saya mampu," tegas Tiara.

Sementara itu, Andy Prayoga gagal merebut medali emas di nomor downhill putra. Ia meraih perak setelah finis kedua di belakang Methasit Boonsane (Thailand). Popo Ario Sejati juga gagal naik podium di nomor ini karena finis di peringkat empat. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 84

Foto: NOC Indonesia/Andi Faisal


COMMENTS