Perubahan lokasi start dan pit stop berpengaruh ke total jarak Bromo KOM Challenge 2022. Para peserta event nanjak paling heboh di Indonesia ini mendapatkan 'diskon' 5 kilometer. Bromo KOM 2022 akan menempuh total jarak 95 kilometer.

Perubahan total jarak dari 100 kilometer menjadi 95 kilometer itu diputuskan usai penyelenggara bersama Azrul Ananda School of Suffering (AA SoS) mengadakan tes rute resmi pada Minggu (8/5).

Bromo KOM 2022 akan start dari Mapolda Jawa Timur (Jatim) di Jalan Ahmad Yani, Surabaya tepat pukul 06.00 WIB. Kemudian para peserta bergerak ke selatan menuju Kabupaten Sidoarjo. Setelah melalui Jembatan Porong, yang berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan, peserta belok kiri ke arah Gempol.

Lalu peserta melaju ke arah timur. Melalui Beji, Bangil, dan Kranton. Kemudian belok kanan ke Jalan Pahlawan di Kota Pasuruan. Peserta akan beristirahat di Gedung Harmonie. Ini adalah kali pertama pit stop Bromo KOM dilakukan di gedung bercat putih yang diresmikan pada 1858 itu.

Gedung Harmonie yang menjadi ikon wisata Kota Pasuruan, menjadi lokasi pit stop di Bromo KOM 2022

Diperkirakan peserta akan tiba di Gedung Harmonie sebelum pukul 08.00 WIB. Setelah beristirahat sejenak, para peserta akan bergerak kembali sekitar pukul 08.30 WIB. Seperti tahun-tahun sebelumnya, start KOM dimulai di Pasrepan. Rombongan peserta diperkirakan melalui titik start KOM sekitar pukul 09.15.

Inilah menu utama di Bromo KOM. Peserta harus nanjak sejauh 25 kilometer dengan elevasi sekitar 2.000 meter. Finisnya di Wonokitri di Bromo. "Lokasi start dan pit stop yang berubah pada tahun ini, membuat total jaraknya lebih pendek. Jadi peserta mendapatkan diskon 5 kilometer," terang Azrul Ananda, penggagas Bromo KOM.

Bagi peserta, berikut file GPX yang bisa Anda download ke Garmin sebagai panduan rute Bromo KOM Challenge 2022.

Rute Bromo KOM Challenge 2022

Perubahan total jarak ini juga berpengaruh ke batas waktu finis, alias Cut Off Time (COT) Bromo KOM Challenge 2022. "Time limit untuk road bike adalah 13.15 WIB. Sedangkan untuk folding bike 13.30 WIB," kata Chief Commissaire Bromo KOM Challenge 2022, Anri Bartali.

Sementara itu, demi keamanan serta kenyamanan seluruh peserta, penyelenggara melarang seluruh kendaraan penjemput menuju Wonokitri. Kendaraan penjemput harus diparkir di water station di Lapangan Puspo. Panitia juga menyediakan kendaraan untuk mengangkut peserta beserta sepedanya dari Wonokitri ke Puspo.

"Keputusan ini demi keamanan dan kenyamanan bersama. Khususnya para peserta. Apalagi ada beberapa titik menuju Wonokitri yang mengalami penyempitan ruas jalan serta rawan longsor," tegas Rahmad Kartolo dari DBL Indonesia sebagai penyelenggara Bromo KOM Challenge 2022. 

Bromo KOM Challenge rutin digelar sejak 2014. Event ini merupakan gelaran Mainsepeda.com, di-manage oleh Azrul Ananda School of Suffering (AA SoS) dan DBL Indonesia. Event ini didukung oleh SUB Jersey, AZA Wear, dan Wdnsdy Bike.

Update terus informasi tentang Bromo KOM Challenge hanya di website dan akun Instagram Mainsepeda.com. Atau menghubungi admin di nomor berikut ini: 0812-2280-8035. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 83

Foto: Chaidar


COMMENTS