Kolom Sehat: Bromo KOM Pasca Pandemi 


Seperti yang sudah saya saya singgung melalui Kolom Sehat minggu lalu, menurunnya level PPKM di berbagai daerah mempermudah mobilisasi masyarakat Indonesia. Kerumunan orang banyak yang diberangus selama kurang lebih dua tahun terakhir, kini mulai mengendur.

Sejak Rabu kemarin Mainsepeda.com telah membuka pendaftaran event yang mungkin paling bergengsi di Jawa, atau bahkan di Indonesia, yakni Bromo KOM Challenge. Ternyata antusiasme pehobi sepeda luar biasa. Slot sudah habis pada jam delapan pagi. Padahal pembukaan baru dibuka pukul 00.00.

Kalau slot di Bromo KOM sudah sold out, saya yakin pasti benar-benar habis. Hanya saja, habis dalam waktu delapan jam adalah sesuatu mengagetkan bagi saya.

Tadi pagi seorang teman berkata, "Saya gowes dulu pada Rabu pagi. Pulang gowes baru buka komputer untuk mendaftar. Lha kok sudah habis," katanya. Ada banyak cerita serupa yang saya dengar. Intinya sama, antara kaget karena slot habis supercepat dan berharap bisa mendapatkan slot tambahan.

Cepatnya habis slot di Bromo KOM ini  juga mempunyai beberapa efek domino. Berikut di antaranya:

1. Slot Tambahan
Sudah pasti masih banyak pehobi yang ingin slot tambahan agar bisa berpartisipasi di Bromo KOM tahun ini. Saya kira panitia juga ingin menambah slot. Hanya saja pandemi baru saja mereda. Menurunnya level PPKM ini masih disertai beberapa langkah preventif agar kita tidak kecolongan varian Covid-19 lainnya.

Memindah tangankan slot Bromo KOM itu susah. Selain melewatkan kesempatan berharga, kali ini pendaftaran juga terkoneksi dengan PeduliLindungi. Jadi bersyukurlah kalau Anda mendapat slot. Kalau belum, masih akan ada event yang lain yang tak kalah seru seperti di Dholo dan Banyuwangi.

2. Fans yang Takjub 
Sama seperti saya, banyak yang tidak menyangka akan habis secepat itu. Sebagai catatan, pada 2020 lalu slot habis dalam 36 jam. Tahun ini hanya delapan jam! Baik early bird maupun non-early bird. Saya harap yang tidak mendapatkan slot jangan menjadi angry bird, ya. 

3. Salah Klik
Benar, salah klik. Salah satu fenomena pendaftaran yang kerap terulang. Entah itu salah klik kelompok umur atau ukuran jersey. Ya, saya paham. Panik dan terburu-buru bukan sahabat ketelitian. Apalagi bila registrasi dilakukan tengah malam. Sebagian besar dari kita tidak bisa bersing dengan burung hantu. Tidak semua bisa bangun dan terang matanya ketika jam masih di sekitar tengah malam.

Seseru apa pun event sepeda, jangan lupa kita harus sepedaan ketika ikut eventnya. Jadi eurofia mendapatkan slot harus diimbangi dengan latihan dan persiapannya.

Sudah berapa kali saya ke Bromo? Mungkin lebih dari 20 kali. Tidak pernah sekali pun Bromo menjadi lebih ringan. Tidak pernah! Jadi untuk siap menghadapai event dan menikmatinya secara maksimal, latihan rutin dan terarah adalah mutlak. Sekian. (johnny ray)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 77


COMMENTS