Pogacar Menang dan Rebut Puncak GC


Juara bertahan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) mulai menunjukkan taringnya di Tirreno–Adriatico 2022. Pembalap asal Slovenia ini finis pertama di Etape 4, Kamis (10/3) malam waktu Indonesia. Kemenangan ini membawa Pogacar ke puncak General Classification (GC).

Tahapan ini membawa peloton melaju dari Cascata delle Marmore menuju Bellante. Total panjang rutenya 202 kilometer. Selain harus menaklukkan tanjakan Valico Torre Fuscello, pembalap juga harus nanjak di Bellante yang memiliki gradien rata-rata 5,7 persen dengan panjang 4,2 kilometer.

Lomba dikuasi oleh sepuluh pembalap breakaway. Mereka memimpin hingga 25 kilometer menjelang finis. Lalu rombongan besar menguasai balapan. Pembalap favorit seperti Pogacar, Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) dan Tao Geoghegan Hart (Ineos Grenadiers) juga termasuk di antaranya.

Pogacar bermanuver di sisa 500 meter. Ia menjadi yang tercepat dalam uphill sprint ke puncak Bellante. Rider 23 tahun itu menorehkan catatan waktu 4 jam 48 menit 39 detik. Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) di peringkat kedua diikuti Victor Lafay (Cofidis) di posisi ketiga.

"Setelah usaha keras dari tim sepanjang hari ini, saya berpikir saya tidak mencobanya, itu akan menjadi hari yang buruk bagi kami. Jadi kami melakukan segalanya dengan benar dan pada akhirnya ini adalah hari yang baik untuk meraih kemenangan," kata Pogacar usai lomba.

Ini adalah kemenangan etape ketiga bagi Pogacar pada musim ini. Sebelumnya, ia mengoleksi dua kemenangan etape di UAE Tour pada akhir Februari lalu. Kemenangan di Etape 4 juga membawa Pogacar ke puncak General Classification (GC).

Pogacar naik dua tingkat. Melompati 2. Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) dan Filippo Ganna (Ineos Grenadiers). Evenepoel tetap di rangking kedua dengan selisih sembilan detik dari Pogacar. Sementara Ganna melorot ke peringkat ketiga dengan gap 21 detik dari Pogacar.

Pogacar mengenakan jersey biru sebagai tanda pemuncak GC

Selanjutnya, para pembalap akan menaklukkan medan sepanjang 155 kilometer dari Sefro menuju ke puncak Fermo. Rute di Etape 5 ini diprediksi menjadi santapan empuk para climber. Termasuk Pogacar. Pembalap harus nanjak di Valico di Pietra Rossa yang memiliki gradien rata-rata 3,4 persen dengan panjang 12,3 kilometer.

Kemudian ada tanjakan Capodarco sepanjang 3,6 kilometer dengan gradien rata-rata 5,7 persen. Fermo yang menjadi titik finis adalah yang tanjakan paling berat. Panjangnya cuma 1,1 kilometer dengan gradien rata-rata 9,6 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tirreno–Adriatico 2022 (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 4 jam 48 menit 39 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +2
3. Victor Lafay (Prancis), Cofidis +2
4. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +2    
5. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +5
6. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +5
7. Enric Mas (Spanyol), Movistar +5
8. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +5
9. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +5
10. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +5

General Classification usai 4 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 14 jam 36 menit 47 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +9
3. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers +21
4. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +36
5. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +43
6. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +45
7. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +50
8. Marc Soler (Spanyol), UAE Team Emirates +56
9. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +1:02
10. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:04

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 76

Foto: Sprint Cycling Agency, LaPresse, Getty Images


COMMENTS