Kolom Sehat: Asyik Terbang Tanpa Swab


Beberapa hari lalu keluar pengumuman yang menggembirakan. Penerbangan domestik tidak perlu swab PCR dan antigen lagi. Tentu saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Secara umum kebijakan ini sudah ditunggu sebagian besar masyarakat.

Mereka bepergian dengan pesawat. Banyak kepentingan yang ditunda oleh masyarakat karena peliknya aturan berpergian dengan pesawat selama masa pandemi. Secara khusus pehobi sepeda juga bisa semringah lantaran bisa bepergian dengan bebas.

Mengikuti sebuah event sepeda atau sekadar wisata ke kota tertentu kini lebih mudah dilakukan. Harapan saya, semoga keadaan ini awet seperti formalin. Gelombang pandemi yang sudah berlalu, kiranya jangan sampai terulang kembali di kemudian hari. 

Akan tetapi, seiring dengan dimudahkannya perpindahan manusia dengan moda transportasi udara, apakah animo masyarakat untuk berolahraga, bersepeda khususnya, akan tetap tinggi? Apakah meredanya pandemi ini, yang bahkan statusnya di beberapa tempat sudah turun kasta menjadi endemi, tetap membuat masyarakat rajin berolahraga?

Dua tahun terakhir ini seperti ada desakan kuat untuk berolahraga, terutama bersepeda. Sebab setiap individu sebaiknya meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan, Caranya dengan beraktivitas sambil menjaga jarak di tempat terbuka.

Ketika secara perlahan pandemi ini mulai melepaskan gigitannya, bukan berarti kita tidak perlu menjaga kesehatan, kan. Apa yang baik dari suatu waktu hendaknya dipertahankan.

Memang pilihan berolahraga akan berangsur kembali ke keadaan sebelum dua tahun lalu. Di mana olahraga di dalam ruangan menjadi salah satu favorit. Kiranya naiknya minat masyarakat untuk berolahraga bisa membuat semua cabang olahraga tidak berebut peminat. Kiranya kesadaran masyarakat yang jauh meningkat membuat olahraga apa pun tinggi peminat, khususnya bersepeda, wkwkwkwk.

Kalau Anda ingin kembali atau berpaling dari olahraga sepeda, tolong dipikirkan sekali lagi manfaatnya. Apalagi dalam waktu dekat Anda bisa mendatangi event sepeda di banyak daerah dengan lebih mudah. Event sepeda adalah ajang untuk berkenalan dengan banyak pehobi sepeda lainnya. Juga untuk membandingkan hasil latihan Anda dengan pesepeda lainnya yang sepadan.

Bukan rahasia lagi bahwa semangat untuk mengikuti dan menekuni suatu hobi tak lepas dari rasa bangga akan pencapaian pribadi. Juga rasa ingin mempertahankan kebugaran juga prestasi. Lantas, di mana lagi kita bisa membuktikan diri sekaligus berkawan? 

Dua tujuan ini dengan mudah tercapai dalam event sepeda. Bonus menikmati pemandangan dan kuliner setempat. Yang ujung-ujungnya pasti menaikkan ekonomi daerah tersebut.

Apabila suka dengan daerah baru yang telah didatangi, Anda bisa menceritakan kelebihannya ke teman yang lain. Hingga bisa membuat mereka juga datang di waktu yang tidak bersamaan. Tentu saja mereia datang karena ingin merasakan pengalaman yang sama dengan Anda yang sudah datang terlebih dulu.

Selamat berpergian. Selamat menikmati bersepeda ke daerah yang lebih jauh. Semoga lebih banyak yang tertular hobi ini. Selamat berwisata sambil berolahraga. Sekian. (johnny ray)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 76

Foto: 


COMMENTS