Kolom Sehat: Aku Akan Menjagamu (Edisi Valentine)


Happy valentine
pembaca yang budiman. Sudah hari valentine lagi. Walau sekarang gelombang omicron sedang melanda, tapi keadaan jauh lebih baik daripda tahun lalu, kan? Pasti geliat per-valentine-an lebih terasa sekarang daripada tahun lalu.

Kalau Anda ingin nasihat apapun soal valentine, saya memang bisa kasih saran. Hanya saja sebatas masalah persepedaan. Kalau soal dengan pasangan, saya belum bisa kasih saran. Sebab tidak kompeten. Tahun lalu saya membahas bagaimana sayangnya para cyclist terhadap sepedanya. Terkadang terlihat seperti melebih rasa pada pasangannya. Kali ini saya ingin sedikit menyinggung bagaimana kita merawat sepeda dan mengapa kuta harus melakukannya.

Kalau bisa saya umpamakan, ini seperti perlunya seorang merawat diri, Semacam perawatan kulit pagi-malam, atau perawatan rambut yang harus creambath secara berkala, atau sekadar mandi sehari-hari. Merawat diri itu penting. Walau kita tahu jika setelah mandi juga kotor lagi, tetap saja mandi secara berkala perlu dilakukan. Bisa dibayangkan kalau kita mengakumulasi mandi untuk tujuh hari, lalu tidak mandi selama tujuh hari ke depan. Pasti bau dan gerah tidak dapat terelakkan.

Demikian juga soal sepeda yang perlu dibersihkan. Tidak cukup hanya dibersihkan, kita perlu juga merawatnya dengan memberi oli secara berkala. Juga memastikan gear-nya berfungsi dengan baik. Serta memastikan remnya bekerja walau mungkin kita baru saja memakainya. Khusus untuk rem, jangan lupa diperiksa setiap akan dipakai kembali. Itu sangat penting.

Perawatan ini tidak berhenti di sepeda saja. Perlengkapan lainnya seperti helm dan sepatu juga perlu dirawat dan dicek. Ada kalanya cleat bisa pecah dan itu bisa bahaya bila dipakai. Helm, walaupun tinggal diklik, juga perlu dirawat. Busa di dalamnya harus sering dibersihkan, atau memperhatikan gabus-gabus yang di ada dalam agar fungsinya terjaga.

Para pembaca mungkin sudah tahu bahwa saya baru mendapat musibah. Kira-kira dua minggu lalu. Helm membuat saya selamat dari akibat yang lebih fatal. Saya cukup senang karena helm saya berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, saya mengingatkan kepada pembaca, rawatlah sepeda Anda dengan baik. Perhatikanlah tiap-tiap fungsinya. Bukan hanya penampilannya. Kadang yang cantik belum tentu cocok, kan? Beri perhatian dan rawatlah, maka dia akan menjagamu. Menjaga Anda di jalan serta menjaga Anda bisa bersepeda dengan semestinya.

Anda tidak ingin tiba-tiba rantai terlilit di rear derailleur atau di front derailleur. Atau ketika sudah berbunyi kriet-kriet karena terlambat memberi oli. Oleh karena itu perhatikanlah sepeda Anda lebih berkala. Selamat hari kasih sayang dan semoga sepeda kita bisa menjaga kita di jalan karena telah kita merawatnya dengan baik. Sekian. (johnny ray)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 73

Foto: Jofan Mario Tengker (@jofanmario )


COMMENTS