Tour de Suisse 2021 - Etape 5
Carapaz Menang dan Ambil Alih Yellow Jersey
by - June 10, 2021

Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) akhirnya mendapatkan vicory pertamanya musim ini. Pembalap asal Ekuador tersebut finis pertama di Etape 5 Tour de Suisse 2021, Kamis (10/6). Kemenangan ini mengantarkannya ke puncak General Classification (GC).

Tour de Suisse merupakan ajang pemanasan untuk Carapaz sebelum membela Ineos Grenadiers di Tour de France 2021 pada akhir Juni nanti. Pemenang Giro d'Italia 2019 ini diplot sebagai leader dan diharapkan menjadi yang terbaik di Swiss sebagai modal bertarung di Prancis.

Setelah menempati peringkat tujuh di klasemen overall selama tiga etape terakhir, Carapaz akhirnya mengkudeta Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) dari puncak GC. Ia melakukannya dengan mengalahkan pembalap Denmark Jakob Fuglsang (Astana-Premier Tech) dalam uphill sprint di Leukerbad.

"Saya sangat senang. Ini adalah sesuatu yang telah kami kerjakan sepanjang minggu ini. Kami tahu ini adalah hari yang istimewa. Kami ingin memikirkan tentang GC dan kemungkinan memenangkan satu etape ada di sini. Saya meraih keduanya jadi saya senang," terang Carapaz seusai lomba.

Etape 5 Tour de Suisse 2021 berlangsung di rute sepanjang 175,2 kilometer. Membentang dari Gstaad menuju Leukerbad. Ini adalah mountain stage di event ini. Ada dua tanjakan Kategori 1 yang harus ditaklukkan peloton, yakni di Col du Pillon dan Erschmatt.

Van der Poel melakukan breakaway bersama tiga pembalap lainnya setelah peloton melalui Col du Pillon. Grup ini baru tertangkap peloton saat mulai nanjak di Erschmatt. Setelah itu Fuglsang dan Esteban Chavez memimpin di sepuluh kilometer terakhir. Sementara Carapaz baru mengejar saat lomba menyisakan empat kilometer.

Mantan pembalap Movistar itu berhasil menyusul Fuglsang di sisa tiga kilometer. Kemudian mereka beradu cepat di Leukerbad. Carapaz menang dengan catatan waktu 4 jam 1 menit 52 detik. Fuglsang finis kedua dan posisi ketiga ditempati Michael Woods (Israel Start-up Nation) dengan selisih 39 detik.

"Kami tahu ada banyak orang yang tertarik dengan GC. Itu adalah landasan bagi kami. Kami sedang memikirkan tentang GC. Saya membuat serangan yang sempurna dan berhasil meraihnya," ucap peringkat kedua di La Vuelta a Espana 2020 itu.

Kemenangan di Etape 5 mengantarkan Carapaz memuncaki GC dan berhak mengenakan jersey kuning. Ia unggul 26 detik dari Fuglsang yang duduk di peringkat kedua. Dengan tiga etape tersisa, Carapaz berharap menjuarai Tour de Suisse 2021 pada akhir pekan ini.

"Kami di sini. Kami datang untuk memikirkan persiapan Tour de France. Tentu saja, kami ingin mencoba dan juara di Swiss. Kami tahu tujuan utamanya adalah Tour de France, tetapi jika kami bisa memenangkan ini, itu bagus," bilang Carapaz. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tour de Suisse 2021 (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 4 jam 1 menit 52 detik
2. Jakob Fuglsang (Denmark), Astana-Premier Tech +0
3. Michael Woods (Kanada), Israel Start-up Nation +39
4. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +39
5. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +39
6. Maximilian Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +39
7. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +39
8. Domenico Pozzovivo (Italia), Qhubeka Assos +39
9. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +49
10. Sam Oomen (Belanda) Jumbo-Visma +1:22

General Classification usai 5 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 16 jam 42 menit 50 detik
2. Jakob Fuglsang (Denmark), Astana-Premier Tech +26
3. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +38
4. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +53
5. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +1:11
6. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +1:31
7. Michael Woods (Kanada), Israel Start-up Nation +1:32
8. Sam Oomen (Belanda) Jumbo-Visma +2:19
9. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +2:22
10. Domenico Pozzovivo (Italia), Qhubeka Assos +3:10

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 45

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS