Lennard Kamna Catat Kemenangan Perdana Musim ini

Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe) memenangkan Etape 5 Volta a Catalunya, Jumat (26/3) malam. Pembalap Jerman tersebut mengunci podium utama setelah menyerang sendirian di Manresa. Sementara Adam Yates (Ineos Grenadiers) masih belum beranjak dari puncak General Classification (GC).

Kemenangan ini adalah yang ketiga dalam karier Kamna di WorldTour. Sebelumnya, pembalap 24 tahun ini naik memenangkan Etape 16 Tour de France 2020. Serta menjadi pemenang di Etape 4 balapan Critérium du Dauphiné 2020.

"Saya sangat senang dengan kemenangan ini. Ini adalah balapan pertama saya musim ini. Jadi, sangat menyenangkan berada di sini dan memiliki kondisi yang baik dan meraih kemenangan," bilang Kamna seusai balapan.

Etape 5 menghidangkan rute sejauh 201,1 kilometer. Terpanjang kedua setelah Etape 3 Volta a Catalunya musim ini. Lomba digeber dari La Pobla de Segur dan finis di Manresa. Port de Monserrat menjadi tanjakan terberat. Tanjakan Kategori 1 ini memiliki panjang 7,5 kilometer dengan gradien 6,7 persen.

Percobaan breakaway sudah sejak awal balapan. Fausto Masnada (Deceuninck-QuickStep) menjadi yang pertama mencoba. Akan tetapi, seluruh aksinya digagalkan rombongan besar. Lalu giliran Remi Cavagna yang beraksi bersama sembilan pembalap lainnya. Mereka memimpin hingga gap empat menit.

Grup terdepan mulai tercecer di tanjakan terakhir di Port de Monserrat. Setelah semua pembalap bersatu lagi, Kamna memulai serangan tungal di 12 kilometer terakhir saat jalan menurun menuju Manresa. Kali ini para pembalap lainnya telah untuk merespons.

Kamna menjadi yang pertama mencapai garis finis di Manresa. Ia unggul 39 detik dari Ruben Guerreiro (EF Education-Nippo), serta terpaut 42 detik atas Mikel Bizkarra (Euskaltel - Euskadi).

"Kemarin saya sudah mencobanya dan itu sedikit terlalu dini. Sehari sebelumnya saya tidak memiliki kaki terbaik. Sekarang saya mencobanya lagi dan saya sangat senang usaha saya membuahkan berhasil," kata mantan pembalap Team sunweb (Team DSM) itu.

Sementara itu, hasil di Etape 5 tidak berpengaruh ke komposisi pembalap di GC. Adam Yates yang finis ke-25 di Etape 45, sukses mempertahankan posisinya di puncak GC. Dua rekannya di Ineos Grenadiers, Richie Porte dan Geraint Thomas menguntit di posisi kedua dan ketiga. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Volta a Catalunya 2021 (Top Ten)
1. Lennard Kämna (Jerman), Bora-Hansgrohe 4 jam 29 menit 13 detik
2. Ruben Guerreiro (Portugal), EF Education-Nippo +39
3. Mikel Bizkarra (Spanyol), Euskaltel-Euskadi +42
4. Dion Smith (Selandia Baru), Team BikeExchange +44
5. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-up Nation +44
6. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +44
7. James Knox (Inggris Raya), Deceuninck-QuickStep +44
8. Attila Valter (Hungaria), Groupama-FDJ +44
9. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +44
10. Steven Kruijswijk (Belanda) Jumbo-Visma +44

General Classification usai 5 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers 18 jam 45 menit 27 detik
2. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +45
3. Geraint Thomas (Inggris Raya), Ineos Grenadiers +49
4. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +1:03
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:03
6. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +1:04
7. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +1:07
8. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +1:20
9. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +1:29
10. Simon Yates (Inggris) Team BikeExchange, +1:32

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 37

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS