La Vuelta a Espana 2020 - Etape 18 (Habis)
Ackermann Menang Sprint, Roglic Juara Overall
by - November 08, 2020

Primoz Roglic menjuarai La Vuelta a Espana 2020. Ia berpesta bersama tim Jumbo-Visma di Etape 18, Minggu (8/11) malam. Sementara Pascal Ackermann (Bora-Hansgrohe) menjadi pemenang tahapan pamungkas seusai menang sprint di Madrid.

Di awal etape sepanjang 139,6 kilometer ini, tak lama setelah start di Hipódromo de la Zarzuela menuju Madrid, tujuh pembalap Jumbo-Visma yang tersisa masing-masing mendapatkan segelas champagne. Mereka berbaris rapi lalu berfoto bersama. Roglic mengenakan jersey merah dengan aksesori serba merah.


Bagi Roglic, ini adalah kemenangan keduanya secara beruntun di La Vuelta. Roglic datang ke Spanyol tahun ini sebagai juara bertahan. Ia telah mencatatkan namanya sebagai yang terbaik pada balapan edisi tahun lalu.

"Kemenangan tahun lalu tentu saja istimewa karena itu adalah gelar grand tour pertama saya. Meski demikian, kemenangan tahun ini bernilai sangat tinggi. Sebab ini adalah bagian dari musim hebat yang saya alami," bilang runner up Tour de France 2020 itu dalam laman resmi tim Jumbo-Visma.



Tak hanya meraih jersey merah, Roglic juga memuncaki points classification dan berhak mendapatkan jersey hijau. Gelar mountains classification dan jersey polkadot diraih Guillaume Martin (Cofidis). Sedangkan Enric Mas (Movistar) memenangkan young riders classification dan meraih jersey putih.

"Saya dan rekan satu tim saya berjuang setiap hari. Saya sangat bangga dengan hasil yang kami raih. Selama tiga minggu terakhir saya masih merasa dalam kondisi yang baik. Saya senang bisa mengakhiri musim saya dengan cara ini," ucap pembalap asal Slovenia itu.


Sementara itu, Ackermann sempat tak percaya telah berhasil memenangkan Etape 18. Pembalap asal Jerman ini unggul sangat tipis dari Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep). Dalam foto finis terungkap bahwa Ackermann hanya unggul beberapa sentimeter dari Bennett.

"Saya tidak yakin siapa yang menang di finis. Saya pun bertanya pada Sam tentang siapa yang menang. Kami berdua benar-benar tidak yakin dan kami harus menunggu beberapa menit sampai kami mendapatkan kejelasan," ucap Ackermann di akhir lomba.

Tahapan terakhir di La Vuelta ini memang menghadirkan medan yang benar-benar datar. Seluruh pembalap masih tergabung dalam satu peloton hingga 6 kilometer menjelang finis. Seketika tim-tim pun mulai mempersiapkan para peluru cepatnya untuk beradu sprint di Madrid.


Bora-Hansgrohe, Deceuninck-QuickStep, dan UAE Team Emirates di kilometer pamungkas. Ackermann melaju di sisa 200 meter. Ia ditempel kenan oleh Bennett. Keduanya hampir finis bersamaan sebelum Ackermann akhirnya dinyatakan sebagai pemenang.

Ini adalah kemenangan keduanya di La Vuelta 2020 setelah podium di Etape 9. "Tim sangat senang dengan kemenangan ini dan saya harus mengucapkan terima kasih kepada rekan satu tim saya. Saya sangat senang bisa meraih kemenangan, dan saya sangat bahagia," tuturnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 18 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Pascal Ackermann (Jerman), Bora-Hansgrohe 3 jam 28 menit 13 detik
2. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep +0
3. Max Kanter (Jerman), Sunweb +0
4. Jasper Philipsen (Belgia), UAE Team Emirates +0
5. Jasha Sutterlin (Jerman), Sunweb +0
6. Emmanuel Morin (Prancis), Cofidis +0
7. Reinardt Janse van Rensburg (Afrika Selatan) NTT Pro Cycling +0
8. Lorrenzo Manzin (Prancis), Total Direct Energie +0
9. Robert Stannard (Australia), Mitchelton-Scott +0
10. Jon Aberasturi Izaga (Spanyol), Caja Rural-Seguros RGA +0

Final General Classification (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 72 jam 46 menit 12 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +24
3. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +1:15
4. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +2:43
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:36
6. Wout Poels (Belanda), Bahrain McLaren +7:16
7. David De la Cruz (Spanyol), UAE-Team Emirates +7:35
8. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +7:45
9. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +8:15
10. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +9:34

Points Classification
Primoz Roglic (Jumbo-Visma)

Mountains Classification
Guillaume Martin (Cofidis)

Young Riders Classification
Enric Mas (Movistar)

Teams Classification
Movistar

Most Combative
Remi Cavagna (Deceuninck–QuickStep)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 21

Foto: Getty Images, PHOTOGOMEZSPORT2020, La Vuelta


COMMENTS