La Vuelta a Espana 2020 - Etape 17
Primoz Roglic di Ambang Juara Overall
by - November 07, 2020

Primoz Roglic (Jumbo-Visma) tinggal selangkah menuju gelar overall La Vuelta a Espana 2020. Ia berhasil selamat dari tekanan kuat yang dilancarkan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) di Etape 17, Sabtu (7/11). Rider asal Slovenia itu masih unggul 24 detik atas Carapaz di general classification (GC).

Etape 17 dikuasai David Gaudu (Groupama-FDJ). Pembalap asal Prancis itu finis pertama di puncak Alto de la Covatilla. Ia unggul hampir setengah menit dari runner up Gino Mader (NTT Pro Cycling). Sedangkan Ion Izaguirre (Astana) finis ketiga dengan gap lebih dari semenit.

David Gaudu telah mengoleksi dua kemenangan di La Vuelta 2020

Ini adalah kemenangan keduanya di La Vuelta 2020. Sebelumnya, pembalap 24 tahun itu finis pertama di Etape 11 di puncak Alto de la Farrapona. Gaudu menyamai catatan rekannya di Groupama-FDJ Thibaut Pinot yang merebut dua kemenangan etape di La Vuelta 2018 lalu.

"Luar biasa. Saya memikirkan kemenangan ini sejak pagi hari di dalam bus. Thibaut juga meraih dua kemenangan etape di La Vuelta. Saya berkata pada diri saya sendiri. Kenapa saya tidak melakukannya juga," kata Gaudu seusai balapan.


Terlepas dari kemenangan Gaudu di Etape 17, persaingan untuk memperebutkan juara overall di La Vuelta 2020 juga tak kalah sengit. Tiga pembalap teratas di GC, yakni Roglic, Carapaz dan Hugh Carthy (EF Pro Cycling) berusaha saling menjauhkan saat nanjak di Covatilla.

Carthy adalah pembalap pertama yang menempatkan Roglic di bawah tekanan di Covatilla. Memaksa sang juara bertahan mengejar setelah Sepp Kuss (Jumbo-Visma) tak mampu memangkas jarak tersebut. Ia ditempel Roglic, Carapaz, Enric Mas (Movistar), dan Alexander Vlasov (Astana).


Pembalap asal Inggris itu berakselerasi lagi. Namun ia justru disalip Carapaz di tengah pendakian. Eks pembalap Movistar ini terus melaju, meninggalkan Carthy dan Roglic di belakangnya. Rider asal Ekuador tersebut berusaha memangkas defisit 45 detiknya di GC.

Mendapatkan serangkaian serangan di empat kilometer terakhir ternyata tak membuat Roglic tumbang. Ia memang kehilangan 21 detik stelah finis kesepuluh di Etape 17. Namun Roglic belum tergoyahkan di puncak GC. Roglic masih terpaut 24 detik dari Carapaz dan 47 detik dari Carthy.

"Ini menjadi sangat menarik di kilometer terakhir. Saya tahu itu saya bisa mempertahankan keunggulan di GC jika saya menjaga kecepatan saya sendiri. Pada akhirnya semua jatuh pada tempatnya dan saya masih mengenakan jersey merah," ungkap Roglic dalam laman resmi Jumbo-Visma.


Roglic juga menyinggung usaha Carapaz untuk memangkas jarak darinya di etape ini. Roglic mengakui bahwa unggulan Ineos Grenadiers itu mengendalikan segalanya. Namun ia tidak pernah merasa akan kehilangan jersey merah.

"Saya tetap fokus dan melakukan hal saya sendiri. Itu ternyata cukup untuk mempertahankan tempat saya di GC. Seluruh tim menunjukkan diri mereka hari ini. Rekan satu tim saya melakukan pekerjaan yang sangat bagus hari ini, seperti yang telah mereka lakukan di seluruh Vuelta," imbuhnya.


Kecuali terjadi insiden atau bencana, Roglic bisa memastikan kemenangannya di Etape 18 di Madrid, Minggu (8/21). Sekaligus mempertahankan gelar yang ia raih musim lalu. "Kami harus tetap fokus selama satu hari lagi dan kemudian semuanya berakhir," tutur pembalap 31 tahun itu.

Sementara itu, Carapaz seolah sudah lempar handuk. Ia mengaku sangat senang finis kedua di Vuelta. "Secara pribadi, saya sangat puas dengan tempat kedua di Vuelta. Saya sangat senang dengan musim ini, saya pikir tim juga sangat senang dengan musim ini," aku Carapaz. (mainsepeda)

Hasil Etape 17 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ 4 jam 54 menit 32 detik
2. Gino Mader (Swiss), NTT Pro Cycling +28
3. Ion Izaguirre (Spanyol), Astana +1:05
4. David De la Cruz (Spanyol), UAE-Team Emirates +1:05
5. Mark Donovan (Inggris Raya), Sunweb +1:53
6. Michael Storer (Australia), Sunweb +1:53
7. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +2:23
8. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +2:35
9. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +2:50
10. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +2:56

General Classification usai 17 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 69 jam 17 menit 59 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +24
3. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +47
4. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +2:43
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:36
6. Wout Poels (Belanda), Bahrain McLaren +7:16
7. David De la Cruz (Spanyol), UAE-Team Emirates +7:35
8. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +7:45
9. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +8:15
10. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +9:34

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 21

Foto: Getty Images


COMMENTS