Menang Sprint, Philipsen Raih Victory Perdana di Grand Tour

Jasper Philipsen (UAE-Team Emirates) tampak emosional setelah menuntaskan Etape 15 La Vuelta a Espana 2020, Kamis (5/11) malam. Rider asal Belgia tersebut memeluk satu per satu staf tim dan pembalap UAE-Team Emirates. Philipsen pantas happy. Sebab ini adalah kemenangan pertamanya di Grand Tour.

Philipsen masih muda. Usianya baru 22 tahun. Kiprahnya cukup menonjol sepanjang musim 2020 ini. Calon sprinter Alpecin-Fenix itu memuncaki points classification di Tour Down Under. Kemudian ia menduduki posisi kedua di points classification Tour de Pologne dan di BinckBank Tour.

Tak cuma itu saja, Philipsen juga merebut kemenangan etape di Tour du Limousin dan BinckBank Tour. Debutnya di La Vuelta tak bisa disebut buruk. Ia menempati posisi kedua di Etape 4. Saat itu ia kalah sprint lawan Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep).

Ekspresi Jasper Philipsen seusai memenangkan Etape 15 La Vuelta a Espana 2020

Philipsen berhasil menebusnya dengan merebut kemenangan di Etape 15. Ia mengamankan posisi pertama seusai mengalahkan Pascal Ackermann (Bora-Hansgrohe). Ackermann merupakan sprinter asal Jerman dan juara Etape 9 La Vuelta 2020.

Saat Philipsen bermanuver di sisa 150 meter, Ackermann dan Jannik Steimle (Deceuninck-QuickStep) berusaha sekuat tenaga untuk mengejarnya. Namun, kedua gagal menyalip Philipsen dan harus puas finis di posisi dua dan ketiga.

"Luar biasa. Saya tidak bisa menggambarkan betapa bahagianya saya dengan kemenangan ini. Kemenangan ini sangat berarti bagi saya. Saya telah menunggu untuk saat yang tepat, dan hari ini adalah momen yang tidak terduga," ungkapnya seusai balapan.

Profil rute Etape 15 La Vuelta a Espana 2020

Etape 15 adalah tahapan terpanjang di La Vuelta 2020. Jaraknya 230,8 kilometer, membentang dari Mos hingga Puebla de Sanabria. Terdapat empat tanjakan Kategori 3. Tahapan ini ditutup dengan turunan sejauh 19 kilometer dari Alto de Padornelo ke Puebla de Sanabria.

Sejumlah pembalap coba melakukan breakaway di 60 kilometer pertama. Namun usaha mereka berhasil diredam peloton. Kemudian 13 pembalap mencoba melarikan diri menjelang tanjakan Alto de Carcedo. Salah satunya adalah pemenang Etape 5 dan 15, Tim Wellens (Lotto Soudal).

Mattia Cattaneo (Deceuninck-QuickStep) bersama grup breakaway di Etape 15

Grup breakaway mulai tercecer di sisa 50 kilometer. Puncaknya ketika Mattia Cattaneo (Deceuninck-QuickStep) yang sempat memimpin sendirian, akhirnya tertangkap peloton kurang dari 4 kilometer menjelang finis.

Selepas itu tim-tim mulai menata kereta cepatnya. Mitchelton-Scott memimpin peloton di kilometer terakhir. Namun dominasi mereka terpatahkan di sisa 300 meter. Lalu Philipsen melaju kencang di 150 kilometer terakhir dan sukses memenangkan Etape 15 ini.

"Agak sulit untuk mengatakannya. Pada akhirnya saya melihat banyak tim yang mengontrol. Tentu saja ada breakaway yang sangat kuat. Tapi angin kencang sepanjang hari membuat sangat sulit bagi grup terdepan," ulas mantan pembalap Hagens Berman Axeon itu. (mainsepeda)

Hasil Etape 15 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Jasper Philipsen (Belgia), UAE Team Emirates 6 jam 18 menit 57 detik
2. Pascal Ackermann (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
3. Jannik Steimle (Jerman), Deceuninck-QuickStep +0
4. Fred Wright (Ingris Raya) Bahrain McLaren +0
5. Dion Smith (Selandia Baru) Mitchelton-Scott +0
6. Reinardt Janse van Rensburg (Afrika Selatan), NTT Pro Cycling +0
7. Magnus Cort (Denmark), EF Pro Cycling +0
8. Dorian Godon (Prancis), AG2R la Mondiale +0
9. Stan Dewulf (Belgia), Lotto Soudal +0
10. Michael Morkov (Denmark), Deceuninck-Quickstep +0

General Classification usai 15 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 60 jam 16 menit 2 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +39
3. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +47
4. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +1:42
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:23
6. Wout Poels (Belanda), Bahrain McLaren +6:15
7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +7:14
8. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +8:39
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana +8:48
10. David De la Cruz (Spanyol), UAE-Team Emirates +9:23 

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 21

Foto: Getty Images, ProCyclingStats


COMMENTS