La Vuelta a Espana 2020 - Etape 14
Wellens Rebut Kemenangan Kedua di La Vuelta
by - November 04, 2020

Tim Wellens (Lotto Soudal) meraih victory keduanya di La Vuelta a Espana 2020. Rider asal Belgia itu memenangkan Etape 14 seusai mengalahkan Michael Woods (EF Pro Cycling) di Ourense, Rabu (4/11) malam. Sementara Primoz Roglic (Jumbo-Visma) masih bertengger di puncak general classification (GC).

Wellens bersama lima pembalap, yakni Woods, Marc Soler (Movistar), Dylan Van Baarle (Ineos Grenadiers), Thyman Arensman (Sunweb), dan Zdenek Stybar (Deceuninck-Quickstep) membentuk kelompok kecil dan memimpin balapan. Mereka makin menjauh dari peloton sejak 20 kilometer menjelang finis.


Mereka terus bersama hingga kilometer terakhir. Woods melakukan manuver di sisa 600 meter. Tak lama kemudian Wellens naik untuk menempelnya. Keduanya bersaing ketat di 100 meter terakhir. Wellens berhasil memimpin dan tak terkejar hingga memasuki garis finis.

Ini adalah kemenangan keduanya di La Vuelta 2020. Sebelumnya, Wellens merebut podium utama di Etape 5, 24 Oktober lalu. "Kemenangan ini tidak mudah. Saya harus benar-benar berjuang untuk masuk ke breakaway. Semua rival saya di breakaway benar-benar pembalap yang kuat," aku Wellens saat finis.


"Sepanjang hari kami melaju dengan tempo yang sangat bagus. Saya tahu saya harus mengambil tikungan terakhir untuk mengamankan posisi pertama. Kemudian saya merasa Woods datang. Tiba-tiba garis finis sudah ada di depan saya, dan saya menyentuhnya lebih dulu," imbuh pembalap 29 tahun ini.

Etape 14 adalah tahapan terpanjang kedua di La Vuelta tahun ini. Pembalap harus menempuh rute sejauh 204,7 kilometer. Dengan medan berbukit, etape ini memiliki tiga tanjakan Kategori 3. Start di Logo dan finis di Ourense yang memiliki gradien 6,5 persen dan panjang 1,1 kilometer.


Ada dua percobaan breakaway yang dilakukan sekelompok pembalap di 30 kilometer setelah start. Namun mereka berhasil ditangkap peloton. Kemudian Wellens, Woods, Soler, Van Baarle, dan Stybar membentuk grup kecil di sisa 161 kilometer. Lalu Arensman merapat di sisa 100 kilometer

"Menurut saya Dylan van Baarle adalah yang terbaik hari ini. Ia benar-benar rouler yang baik," aku Wellens. Namun ketika sedikit melaju, ia melihat Woods dan Soler sebagai rival terkuat. Menurut Wellens, kedua pembalap itu masih cukup kuat untuk memang di Ourense.

"Kami datang ke La Vuelta untuk mendapatkan minimal satu kemenangan. Setelah mendapatkannya di Etape 5 lalu, kami terus berjuang untuk meraih yang kedua." terangnya.


Sementara itu, hasil Etape 14 tidak berpengaruh sedikit pun ke 10 klasemen GC. Roglic yang finis kesepuluh di etape ini, tetap duduk manis di posisi teratas dan berhak mengenakan red jersey. Sementara Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) tetap di posisi kedua dengan selisih 39 detik.

"Sebenarnya tidak ada kesempatan untuk meraih detik ekstra di fase terakhir. Kecepatannya sangat tinggi dalam beberapa kilometer terakhir. Kami bisa senang dengan hasil di etape ini," ucap pembalap asal Slovenia itu. (mainsepeda)

Hasil Etape 14 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Tim Wellens (Belgia), Lotto Soudal 4 jam 37 menit 5 detik
2. Michael Woods (Kanada), EF Pro Cycling +0
3. Zdenek Stybar (Ceko), Deceuninck-Quickstep +0
4. Dylan van Baarle (Belanda), Ineos Grenadiers +0
5. Marc Soler (Spanyol), Movistar +11
6. Thyman Arensman (Belanda), Sunweb +13
7. Pierre Luc Perichon (Prancis), Cofidis +03:11
8. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +3:44
9. Gonzalo Serrano (Spanyol), Caja Rural-Seguros RGA +3:44
10. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +3:44

General Classification usai 14 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 53 jam 57 menit 5 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +39
3. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +47
4. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +1:42
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:23
6. Wout Poels (Belanda), Bahrain McLaren +6:15
7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +7:14
8. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +8:39
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana +8:48
10. David De la Cruz (Spanyol), UAE-Team Emirates +9:23 

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 21

Foto: Getty Images


COMMENTS