Sam Bennett Curi Kemenangan dari Jasper Philipsen

Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep) mulai unjuk gigi di balapan La Vuelta a Espana 2020. Peraih green jersey di Tour de France 2020 itu memenangkan etape 4, Jumat (23/10) malam. Ia naik podium setelah mengalahkan Jasper Philipsen (UAE-Team Emirates) dalam adu sprint.

Pembalap asal Irlandia tersebut terakhir kali meraih kemenangan di etape 21 Tour de France 2020 di Paris, 20 September lalu. Kemenangan itu memastikannya meraih jersey hijau. Bennett berhasil mematahkan dominasi sekaligus mengalahkan Peter Sagan (Bora-Hansgrohe).

Sebulan berselang dan Bennett kembali memenangkan etape di Grand Tour lainnya, yakni La Vuelta. Rider 30 tahun tersebut menang adu sprint lawan Philipsen. Kemenangan Bennett tak lepas dari kerja tim Deceuninck-QuickStep. Mereka mengontrol balapan di sisa 3 kilometer.

Enam pembalap Deceuninck-QuickStep berada di garis depan. Kemudian Philipsen memimpin setelah melakukan sprint lebih awal. Bennett tak tinggal diam. Ia berakselerasi di 25 meter terakhir dan berhasil mencuri kemenangan dari tangan Philipsen.

"Jasper Philipsen masuk dari dalam dan melompat. Saya sebenarnya tidak percaya bisa menangkapnya. Saya mulai mendapatkan kekuatan dan kecepatan lebih menjelang akhir," ucap Bennett seusai balapan.

Etape 4 memang memanjakan para sprinter. Jaraknya 191,7 kilometer, start dari Garray menuju Ejea de los Caballeros. Harry Tanfield (AG2R La Mondiale), Luis Angel Mate (Cofidis), Jesus Ezquerra (Burgos-BH), dan Willie Smit (Burgos BH) langsung melakukan breakaway hanya dua kilometer setelah start.

Meski sempat meninggalkan peloton dengan keunggulan lebih dari tiga menit, keempat pembalap terdepan berhasil tertangkap di sisa 15 kilometer. Selepas itu peloton dikendalikan oleh tim Movistar. Tim-tim mulai menata kereta cepatnya ketika mulai mendekati garis finis.

Bora-Hansgrohe sempat memimpin di 5 kilometer terakhir, sebelum diambil alih Deceuninck-QuickStep. Dengan enam pembalap di depan membuat Deceuninck-QuickStep dominan di sisa 3 kilometer. Mereka berhasil mengantarkan Bennett sebagai pemenang di etape 4.

"Tim melakukan pekerjaan dengan sempurna. Kami berkumpul saat kami membutuhkannya. Bahkan lebih banyak pembalap daripada yang kami minta untuk berada di sana. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang, mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa," sanjung Bennett.

Sementara itu, Primoz Roglic (Jumbo-Visma) masih berhak menyandang jersey merah setelah finis ke-19 di etape 4. Roglic unggul 5 detik atas Dan Martin (Israel Start-Up Nation) di tabel general classification. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep 3 jam 53 menit 29 detik
2. Jasper Philipsen (Belgia), UAE-Team Emirates +0
3. Jakub Mareczko (Italia), CCC +0
4. Pascal Ackermann (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
5. Gerben Thijssen (Belgia) Lotto Soudal +0
6. Matteo Moschetti (Italia) Trek-Segafredo +0
7. Max Kanter (Jerman) Sunweb +0
8. Mihkel Raim (Estonia), Israel Start-Up Nation +0
9. Emmanuel Morin (Prancis), Cofidis +0
10. Magnus Cort Nielsen (Denmark) EF Pro Cycling +0

General Classification usai 4 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 16 jam 30 menit 53 detik
2. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +5
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +13
4. Enric Mas (Spanyol) Movistar +32
5. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +38
6. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +44
7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +1:17
8. Esteban Chaves (Colombia), Mitchelton-Scott +1:29
9. Marc Soler (Spanyol), Movistar +1:55
10. George Bennett (Selandia Baru), Jumbo-Visma +1:57

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 19

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS