NTT Kehilangan Dua Rider, Salah Satunya Akibat Penonton Selfie

NTT Pro Cycling harus menerima kenyataan pahit. Mereka kehilangan dua pembalap andalan dalam dua hari berturut-turut. Teranyar, climber senior Domenico Pozzovivo tidak bisa melanjutkan kiprahnya di Tour de France 2020. Ia menyusul juara Eropa Giacomo Nizzolo yang lebih dulu out dari TdF 2020.

Pozzovivo memutuskan berhenti setelah menyelesaikan etape 9 TdF 2020, Minggu (6/9) malam. Dalam laman resmi tim NTT dijelaskan, pembalap 37 tahun itu terpaksa meninggalkan TdF 2020 akibat cedera siku yang diderita pada etape 1 di Nice, 29 Agustus lalu.

Ia mengalami celaka akibat ulah penonton yang melakukan selfie. Ceritanya, para pembalap sedang melaju kencang dengan kecepatan kurang lebih 50 km/jam. Kemudian ada seorang penoton yang berusaha selfie. Menurut Pozzovivo, tangan atau ponsel milik penonton inilah yang membentur helm dan membuatnya terjatuh.

BACA JUGA: Pembalap Celaka Gara-gara Penonton Selfie

Pozzovivo sempat meneruskan lomba. Bahkan ia berhasil bertahan hingga pekan pertama TdF 2020. Eks pembalap Ag2r La Mondiale itu menduduki peringkat ke-45 di general classification (GC). Akan tetapi, karena cedera yang tak kunjung membaik, membuatnya terpaksa out dari balapan.

"Saya telah melihat bagaimana ia berani menderita untuk kami setiap hari. Kami akhirnya menyimpulkan bahwa hal terbaik untuknya adalah berhenti. Kami menginginkannya kembali ke rumah, fokus ke pemulihan, dan mulai mempersiapkan diri untuk Giro d'Italia," kata manajer tim NTT Bjarne Riis.

BACA JUGA: Juara Eropa Harus Out karena Cedera

Sementara itu, Pozzovivo mengatakan bahwa ia tidak ingin meninggalkan TdF 2020 tanpa melihat apakah tubuhnya bisa pulih selama balapan. Tapi pada akhirnya rasa sakit itu tak bisa ditahan. Selain itu, jika diteruskan, ada kemungkinan untuk mengalami tabrakan lagi dan menyebabkan kerusakan yang lebih besar.

"Sekarang saya akan fokus untuk memulihkan diri secepat mungkin. Kemudian melihat ke tujuan saya berikutnya yang mudah-mudahan adalah Giro d'Italia," terang Pozzovivo. Setelah kehilangan dan Nizzolo, maka NTT harus meneruskan TdF 2020 dengan enam pembalap. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 12

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: NTT, Getty Images


COMMENTS