Juara Eropa Harus Out karena Cedera

Juara Eropa Giacomo Nizzolo (NTT Pro Cycling) terlempar dari Tour de France 2020. Sprinter asal Italia tersebut tidak bisa melanjutkan balapan di etape 8, Sabtu (5/9) malam. Ia mengalami cedera di lututnya sehingga gagal finis di Loudenvielle.

Juara nasional Italia tersebut tak bisa meneruskan etape 8, saat balapan masih menyisakan 83 kilometer. Ketika pembalap lain sedang menanjak di pegunungan Pyrenees, Nizzolo justru memutar sepedanya untuk kembali ke mobil tim. Perjalanannya di Tour de France 2020 pun berakhir.

Laman resmi NTT mengungkapkan bahwa Nizzolo harus out karena cedera lutut. Nizzolo telah berjuang untuk menahan cedera itu selama beberapa hari terakhir. Tim asal Afrika Selatan itu menambahkan, Nizzolo akan pulang ke rumahnya untuk menjalani perawatan medis lebih lanjut.

"Sulit. Jujur ​​saja ini bukan perasaan yang menyenangkan. Hari ini saya memulai balapan dengan rasa sakit. Saya pikir itu akan membaik. Tapi sayangnya tidak demikian," ungkap rider 31 tahun itu. Tahun lalu ia juga gagal finis di etape 12 TdF 2019.

Nizzolo mengaku sudah berjuang dengan menahan rasa sakit sejauh 50 kilometer. Namun, ketika kondisinya tak membaik, maka diputuskan untuk berhenti agar tidak menyebabkan cedera lebih parah di lututnya. Nizzolo akan fokus untuk menyembuhkan cederanya agar bisa membalap di ajang lain di sisa musim ini.

"Kami tidak ingin membuat kerusakan yang tidak dapat kami perbaiki dalam dua minggu. Sebab saya masih ingin berlomba di balapan Klasik atau balapan berikutnya musim ini. Itulah mengapa saya perlu pulih," imbuh pembalap yang menempati posisi ketiga di etape 3 Tour de France 2020 itu.

Dengan terdepaknya Nizzolo, maka NTT harus melanjutkan Tour de France dengan tujuh pembalap tersisa. Nizzolo berharap banyak kepada climber senior Domenico Pozzovivo. Saya yakin kami akan terus berjuang. Sebab mereka punya potensi untuk melakukan hal-hal hebat," terangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 12

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS