Formolo Curi Kemenangan, Roglic Makin Kokoh di Puncak GC

Juara nasional Italia, Davide Formolo, berhasil mengejutkan peloton di Etape 3 Criterium du Dauphine 2020, Jumat (14 Agustus). Pembalap UAE Team Emirates itu menjadi bagian dari breakaway sejak awal, lalu melarikan diri sendirian hingga finis. Walau sempat terlihat bakal terkejar, pada akhirnya penunggang Colnago itu unggul 33 detik di depan para unggulan.

Etape sepanjang 157 km ini memang berisikan dua tanjakan berat. Di tengah ada Col de la Madeleine, tanjakan hors categorie sepanjang 17,3 km dengan kemiringan rata-rata 8,3 persen. Kemudian, setelah turunan, ada tanjakan penutup kategori 1, yaitu Saint-Martin-de-Belleville, sepanjang 14,8 km dengan kemiringan rata-rata 6 persen.

Di Col de la Madeleine itulah Formolo melarikan diri sendirian. Kemudian, di tanjakan penutup, dia bertahan hidup sebisa mungkin. Berharap peloton tak punya cukup waktu mengejar. Di kaki tanjakan terakhir itu, Formolo memimpin peloton lebih dari tiga menit.

Pada tanjakan terakhir itu, kereta Jumbo-Visma berkumpul di depan peloton, berupaya menarik rombongan memburu Formolo. Upaya Jumbo-Visma ini mampu merontokkan banyak unggulan. Tapi hingga km terakhir sudah jelas tak mungkin sanggup memburu Formolo.

Formolo pun menang dengan relatif tenang. Usai lomba, dia sendiri tak menyangka mampu bertahan di depan hingga finis. "Pada tanjakan terakhir saya tidak tahu apakah saya bisa melakukannya," ucapnya.

Di belakangnya, pada km terakhir itu, para unggulan yang memburu general classification (GC) mulai saling attack.

Tapi lagi-lagi, Primoz Roglic adalah jagonya sprint di tanjakan. Kapten Jumbo-Visma itu finis di urutan kedua. Diikuti Thibaut Pinot (Groupama-FDJ). Dengan hasil ini, Roglic semakin mengukuhkan posisinya di puncak GC. Karena pesaing utamanya, Egan Bernal (Team Ineos), tak mampu bersaing di kelompok terdepan. Bahkan, bisa dibilang Team Ineos berantakan di etape ketiga ini.

Karena ini adalah balapan pemanasan resmi Tour de France, maka kini semakin jelas bahwa Roglic dan Jumbo-Visma adalah unggulan utama lomba paling bergengsi, yang dimulai 29 Agustus nanti.

Hanya dua etape tersisa di Criterium du Dauphine 2020. Roglic hanya perlu main aman di dua etape itu. Walau semua berakhir di tanjakan, tampaknya akan sangat sulit bagi yang lain untuk merontokkan skuad Jumbo-Visma. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Criterium du Dauphine 2020 (Top Ten)

1. Davide Formolo (Italia) UAE Team Emirates 4:06:56

2. Primoz Roglic (Slovenia) Jumbo-Visma + 33 detik

3. Thibaut Pinot (Prancis) Groupama-FDJ

4. Emanuel Buchmann (Jerman) Bora-Hansgrohe

5. Daniel Martinez (Kolombia) EF

6. Mikel Landa (Spanyol) Bahrain-McLaren

7. Guillaume Martin (Prancis) Cofidis

8. Tadej Pogacar (Slovenia) UAE Team Emirates

9. Pavel Sivakov (Rusia) Team Ineos + 39

10. Miguel Angel Lopez (Kolombia) Astana

 

General Classification usai 3 dari 5 Etape

1. Primoz Roglic (Slovenia) Jumbo-Visma 13:14:35

2. Thibaut Pinot (Prancis) Groupama-FDJ + 14 detik

3. Emanuel Buchmann (Jerman) Bora-Hansgrohe + 20

4. Guillaume Martin (Prancis) Cofidis + 24

5. Mikel Landa (Spanyol) Bahrain-McLaren + 26

6. Daniel Martinez (Kolombia) EF

7. Egan Bernal (Kolombia) Team Ineos + 31

8. Miguel Angel Lopez (Kolombia) Astana + 32

9. Nairo Quintana (Kolombia) Arkea-Samsic + 35

10. Richie Porte (Australia) Trek-Segafredo

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 9


Audionya bisa didengarkan di sini


COMMENTS