Batal Satu Tim dengan Chris Froome, Van Avermaet Pilih AG2R La Mondiale
by - August 11, 2020

Greg van Avermaert akan meninggalkan CCC pada akhir musim ini. Pembalap senior asal Belgia tersebut tak akan merapat ke Israel Start-up Nation (ISN) seperti yang sempat santer dirumorkan. Van Avermaert lebih memilih bergabung AG2R La Mondiale.

Van Avermaet akan bergabung dengan tim ini mulai 2021 nanti. Ia menerima kontrak berdurasi tiga tahun. Van Avermaet tak sendirian. Pembalap CCC lainnya, Michaël Schär juga sepakat untuk bekerja di tim yang akan berubah nama menjadi AG2R Citrôen itu.

"Merupakan kepuasan yang luar biasa mendapatkan Greg Van Avermaet dan Michaël Schär. Greg adalah seorang juara yang hebat, menunjukkan konsistensi yang luar biasa di level tertinggi. Pengalamannya, ketelitiannya, kerja kerasnya akan menjadi penting dalam proyek pengembangan kami," kata Manajer AG2R La Mondiale Vincent Lavenu.

Sebelumnya, Van Avermaet telah mengonfirmasi akan meninggalkan CCC setelah sepuluh tahun membela tim itu. Rider 35 tahun tersebut sempat dikabarkan menyusul Chris Froome ke tim ISN. Akan tetapi, opsi tersebut tak diambil oleh peraih medali emas Olimpiade 2016 ini.

"Tujuan saya selalu sama: untuk memenangkan balapan seperti Tour of Flanders atau Paris-Roubaix, menang di etape Tour de France atau mengenakan jersey kuning selama mungkin," tegas Van Avermaet dalam pernyataan resminya.

AG2R La Mondiale sendiri harus kehilangan Romain Bardet yang memutuskan bergabung ke Team Sunweb. Setelah sembilan musim membela tim asal Prancis itu, Bardet akan memperkuat Sunweb mulai tahun depan. Ia mendapatkan kontrak berdurasi dua tahun.

"Kesempatan ini datang pada saat yang tepat dalam karier saya. Saya sangat termotivasi untuk mulai bekerja dengan tim dan kelompok pebalap yang sangat menjanjikan," ujar pembalap 29 tahun itu.

Sementara itu, Ivan Garcia Cortina akan 'pulang' ke Spanyol mulai awal tahun nanti. Cortina memutuskan meninggalkan Bahrain McLaren dan bergabung dengan Movistar. Ia mendapatkan kontrak berdurasi tiga tahun. Kepindahan Cortina ke Movistar tak lagi mengagetkan. Sebab kabar ini sudah tercium sejak dua bulan lalu.

"Saya sudah berada di Bahrain McLaren selama empat tahun dan selalu merasa nyaman di sana. Tapi saya merasa sudah waktunya untuk perubahan, untuk mencari ambisi baru, tujuan baru, motivasi baru. Saya pikir sangat tepat untuk bergabung dengan skuad (Movistar) ini," jelas Cortina. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 8: Jangan Sampai Celaka Konyol di Jalan

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Yuzuru Sunada, CCC, AG2R, ASO


COMMENTS