Kolom Sehat: Pernak-Pernik Jersey Sepeda
by - May 22, 2020
Kolom Sehat: Pernak-Pernik Jersey Sepeda
by Johnny Ray - May 22, 2020

Perkembangan jersey sepeda begitu cepat. Jersey sepeda yang terlihat begitu sederhana, ternyata sarat dengan teknologi dan riset agar kita nyaman dan cepat (cheat the wind). Mulai dari bahan kain khusus, mampu menyerap air dari permukaan kulit agar kulit kita selalu kering. Juga dengan rajutan khusus, membuat angin mudah "tergelincir" membantu catatan waktu jadi lebih cepat.

Untuk road bike, bahan jersey juga sangat lentur, membungkus kulit kita dengan begitu baik. Bayangkan kalau jersey-nya seperti jas hujan. Selain berat dan panas, juga pasti gampang tersangkut kendaraan yang lewat di sebelah.

Untuk MTB, jersey biasanya lebih longgar untuk membantu bermanuver lebih mudah. Juga umumnya jersey MTB tidak punya kantung belakang, sehingga saat naik turun jalan pegunungan yang bergelombang isinya tidak terpelanting keluar.

Masih banyak lagi kelebihan teknis jersey sepeda. Seperti bahan pewarna yang bisa memantulkan cahaya lampu, karet khusus agar jersey tidak mudah tersingkap, dan lain-lain.

Tetapi, selain fitur-fitur yang sangat teknis, dalam perkembangannya jersey sepeda juga mewakili identitas sang pesepeda. Ada beberapa fungsi yang non-teknis. Misalnya:

1. Komunitas

Entah komunitas itu terbentuk karena dasar apa, tapi biasanya setelah terbentuk sebuah komunitas ingin menunjukkan eksistensinya dengan jersey seragam.

Misal komunitas berdasarkan daerah asal, berdasarkan jenis sepedanya (seperti komunitas sepeda “kebo”), ada juga yang berdasarkan profesi seperti YSCC (Young Surgeon Cycling Club). Saya bukan dokter, jadi pasti tidak bisa gabung komunitas yang terakhir itu.

 

2. Event

Salah satu yang membuat event sepeda spesial adalah jersey-nya. Selain kenang-kenangan yang bisa dikoleksi, jersey event juga membuat romli (rombongan liar) mudah dikenali bila mereka mencoba masuk ke rombongan peserta resmi event.

 

3. Team

Kalau jersey sepak bola, biasanya ada jersey kandang atau tandang. Di perlombaan sepeda biasanya diikuti banyak tim, jadi setiap tim punya seragam sendiri-sendiri. Plus jersey khusus yang hanya boleh dipakai oleh pemenang lomba tertentu. Contohnya rainbow jersey yang hanya boleh dipakai oleh world champion di tahun yang sama.

 

4. Fashion

Layaknya busana yang lain, meski untuk berolahraga, tentu ada yang ingin tampil modis. Beberapa jersey yang hits bisa menambah tingkat percaya diri dan tingkat kegantengan/kecantikan pemakainya. Tetapi ini bukan berarti kalau Anda pakai jersey ini Anda serta merta lolos casting boyband Korea lho!


Team Gowes pagi dari Manokwari

 

5. Pencapaian

Ada jersey khusus yang dibuat ketika seorang cyclist sukses mencapai target tertentu. Misal bila berhasil melahap sekian ribu meter tanjakan dalam sebulan. Dulu Strava pernah membuat jersey seperti ini. Dan saya ingat betul, karena ada teman gowes saya yang sudah opa-opa, tapi ketika di gunung dia semakin menjadi, dan waktu itu dia memakai jersey khusus ini.

Itulah beberapa fungsi jersey, jadi apa pun jersey-nya yang penting sepedaannya dan masih pakai jersey. Kalau tidak pakai maka rawan masuk angin. Anda bisa dibilang termasuk cyclist serius bila jersey bersepeda Anda jauh lebih banyak dari baju kantor, baju rumah, dan baju-baju yang lain. Sekian. (Johnny Ray)


COMMENTS