Merek sepeda performance Indonesia, Wdnsdy, kembali berlaga di ajang balap perempuan paling bergengsi di benua Amerika: Colorado Classic. Ditunggangi para bintang Point S-Nokian, sepeda-sepeda AJ1 berwarna chartreuse akan berlomba dalam empat etape, 22-25 Agustus ini.

Colorado Classic memang resmi menjadi balapan perempuan paling bergengsi di Amerika. Secara tradisi, negara bagian Colorado merupakan salah satu negara paling “cycling” di Amerika. Banyak pegunungan dan ketinggian di sana, sehingga menjadi basis bagi banyak tim maupun pembalap.

Lomba-lomba paling bergengsi sering diselenggarakan di sana, terus berubah bentuk hingga menjadi “Colorado Classic” pada 2017. Awalnya untuk laki-laki dan perempuan, dan pada 2019 ini diputuskan untuk jadi balapan khusus perempuan.

Dengan demikian, inilah balapan terbesar di Amerika yang difokuskan untuk perempuan. Sebanyak 16 tim perempuan terbaik pun dipilih untuk berlaga di sini. Baik level UCI maupun nasional. Salah satu tujuannya: Menyeleksi andalan Amerika Serikat untuk Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Dengan strategi baru khusus perempuan ini, RPM Events Group sebagai penyelenggara berharap Colorado Classic bisa memiliki dampak lebih presisi.

“Kami senang balapan laki-laki. Kami bangga dengan apa yang telah kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir. Saya pikir kami cukup inovatif. Tapi kemampuan kami untuk memberi dampak lewat balapan laki-laki termasuk minimal. Dan potensi kami untuk memberi dampak pada balapan perempuan secara global, kami pikir bakal dramatis,” tutur Ken Gart, chairman RPM, seperti dilansir Denver Post.

Total ada 96 pembalap berlaga, enam untuk setiap tim. Para pembalap itu mewakili total 20 negara.

Mereka mengikuti empat etape, masing-masing etape berpusat di satu kota (circuit race). Kamis ini (22 Agustus, Jumat dini hari WIB) dimulai di Steamboat Springs, lalu berlanjut ke Avon, Golden, dan kemudian ditutup di Denver. Dua etape pertama tergolong etape menanjak, dua etape terakhir tergolong sprint.

Dari 16 tim peserta, ada beberapa yang tergolong tim perempuan terbaik dunia. Seperti Canyon-SRAM, Hagens-Berman/Supermint, dan juara tahun lalu Rally-UHC. Ada pula Tim Nasional Amerika Serikat.

Bagi Point S Auto/Nokian Tyre (Point S-Nokian) dan sepeda Wdnsdy, ini adalah kali kedua mendapat undangan untuk berpartisipasi. Tahun lalu, tim ini mampu beberapa kali masuk kisaran top ten.

Molly Cameron, manager Point S-Nokian, mengaku tak sabar kembali berlaga di lomba paling bergengsi ini. “Hadir setelah perjalanan panjang dari Denver ke Steamboat Springs, begitu banyak logistik untuk menyiapkan tim menghadapi Colorado Classic. Sepeda sudah disetel dan dibersihkan, bar tape baru telah dipasang,” katanya lewat akun media sosial. “Kami harus mengikuti acara makan malam dan presentasi VIP, konferensi pers, managers meeting. Wow segalanya segera dimulai!” lanjutnya.

Bagi yang penasaran dengan Colorado Classic, semua etape lomba ini akan ditayangkan secara utuh via live streaming. Bisa melalui situs resmi Colorado Classic, halaman Facebook dan channel YouTube Colorado Classic, atau lewat aplikasi Colorado Classic.

Tim Point S-Nokian dan sepeda Wdnsdy akan sangat mudah ditangkap di layar. Selain warna sepeda yang chartreuse menyala, seluruh pembalap tim juga mengenakan jersey dari Castelli yang berwarna neon kuning menyala. (mainsepeda)

Inilah 16 Tim Peserta Colorado Classic 2019

1. Tim Nasional Amerika Serikat

2. TIBCO-Silicon Valley Bank, AS

3. Swapit/Agolico, Meksiko

4. Sho-Air Twenty20, AS

5. Rally-UHC, AS

6. Point S Auto/Nokian Tyre, AS

7. Lux/Flexential, AS

8. Hagens-Berman/Supermint, AS

9. Fearless Femme, AS

10. Durango-Specialized-IED, Meksiko

11. DNA Pro Cycling, AS

12. Cogeas Mettler Look, Rusia

13. Canyon-SRAM, Jerman

14. BePink, Italia

15. Amy D. Foundation, AS

16. ALP Cycles Racing, AS

Jadwal Colorado Classic 2019

Etape 1 – Steamboat Springs, 22 Agustus

Jarak 85,6 km, 1.272 m total climbing

Etape 2 – Avon, 23 Agustus

Jarak 81 km, 1.175 m total climbing

Etape 3 – Golden, 24 Agustus

Jarak 102,5 km, 772 m total climbing

Etape 4 - Denver, 25 Agustus

Jarak 85 km, 346 m total climbing

 

 

 

 


COMMENTS