Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumatera Selatan mempunyai even besar. Mengadakan lomba balap sepeda berkelas nasional yaitu Pra-PON 2020 dan Kejurnas ISSI 2019 tanggal 13-20 Juli kategori Road Bike dan Mountain Bike di Lubuklinggau.

Sebelumnya, balap sepeda Pra-PON 2020 dan Kejurnas 2019 untuk kategori BMX sudah digelar di DKI Jakarta, tanggal 6-7 Juli yang diikuti oleh 100 pembalap BMX dari 16 propinsi. Kategori yang dilombakan di Lubuklinggau adalah Road Bike Pra PON 2020 dan Kejurnas 2019 kelas Criterium, Individual Time Trial (ITT) dan Individual Road Race (IRR).

Venue untuk kategori Road Bike kelas Criterium dan IRR diadakan di lintasan Lapangan Perbakin. “Pembalap putra harus mengitari lintasan sejauh 13 kilometer itu sebanyak 9 kali sedangkan putri 6 kali,” bilang Leonardi Sohe, Ketua Umum PB ISSI Sumsel. Sedangkan untuk ITT mengambil start dan finis di Terminal Watas menempuh jarak 30 km untuk putra dan 20 km untuk putri melintasi Jalan Lintas Selatan.

Untuk kategori Mountain Bike Pra-PON 2020 ada kelas Downhill Individual (DHI) dan Cross Country Olympic (XCO).

Sedangkan untuk kategori Mountain Bike Kejurnas 2019 diperlombakan kelas Downhill Individual (DHI), Enduro (END), Cross Country Olympic (XCO), dan Cross Country Eliminator (XCE). Semua kategori dan kelas yang dilombakan adalah untuk putra dan putri.

"Untuk kategori Mountain Bike, semua kelas perlombaannya diadakan di Trek Internasional Bukit Sulap. Dan akan mulai digelar tanggal 17 Juli," tutur Leonardi.

Sekitar 300 pembalap sepeda yang datang dari 26 propinsi seluruh Indonesia ikut serta di Pra-PON 2020 dan Kejurnas ISSI 2019 Lubuklinggau ini. “Nanti disaring hingga 100 kuota atlet untuk bertanding di PON Papua 2020,” bilang Sugeng Prihartono, perwakilan PB ISSI Pusat.

Sementara itu, hasil balap kategori Road Bike kelas Criterium Putra juara I diraih pembalap sepeda asal Jawa Timur (Jatim) yakni Yosandy Darmawan Oetomo.

Yosandy Darmawan Oetomo asal Jawa Timur (Jatim), juara 1 Road Bike kelas Criterium. 

Sedangkan juara kedua disabet pembalap asal Yogyakarta yakni Ahmad Yoga Ilham Firdaus dan juara ketiga dari Jatim yakni Rahmad Naka Wibisono. “Ada tikungannya sangat ekstrim, patah-patah. Alhamdulillah sukses. Harus pintar-pintar kita,” beber Yosandy.

Kemudian untuk kelas Criterium Putri juara I diraih pembalap Jatim yakni Dewika Mulya Sovia. Juara kedua didapat atlet sepeda asal Jatim yakni Chik Zera Arinda dan juara ketiga direbut atlet Yogyakarta yakni Ananda Diva Saputri.

Atlet dari Propinsi Bangka Belitung (Babel), Putri Fenia Lestara yang masih berusia 17 tahun berhasil meraih podium ketiga untuk Kejuaraan Nasional kelas IRR (Individual Road Race) untuk putri kelas Junior. “Cukup membanggakan karena Putri adalah satu-satunya pembalap wanita dari propinsi Babel,” tukas Ferdiyan Hermawan Loebis, Ketua Umum ISSI Babel.  

Walikota Lubuklinggau, H. SN. Prana Putra Sohe menyerahkan hadiah kepada Dewika Mulya Sovia.

Tuan rumah, propinsi Sumatera Selatan berhasil meraih satu poin dari kelas BMX putra dan putri yang berhasil meraih juara tiga di Jakarta beberapa waktu lalu,” bilang Leonardi.

“Dengan diadakannya Pra-PON 2020 dan Kejurnas ISSI 2019 di Lubuklinggau ini merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah kota terhadap perkembangan olahraga balap sepeda di Indonesia. Lubuklinggau sendiri sudah beberapa kali menjadi tuan rumah perhelatan event balap sepeda berskala nasional maupun internasional. Terakhir di 2017, kota Lubuklinggau sukses menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional MTB dan Asia Pacific Championship. Di tahun 2022, Lubuklinggau akan jadi tuan rumah even internasional Mountain Bike Marathon World Championship,” tutup H. SN. Prana Putra Sohe, Walikota Lubuklinggau. (mainsepeda)

Juara kelas ITT Kejurnas ISSI 2019. Aiman Cahyadi (tengah), Dealton Nur Arief Prayogo (kiri), dan Robin Manulang (kanan).

Juara Pra-PON 2020 kelas Individual Road Race. Rizky Fadila (Kaltim), M.Noka Wibisono (Jatim), dan Sharifat Nandya (DIY Jogja).

Jadwal Pra-PON 2020 dan Kejurnas ISSI 2019

Sabtu, 13 Juli : Pra-PON dan Kejurnas ITT Putra dan ITT Putri

Minggu, 14 Juli : Pra-PON Criterium Putra dan Putri dan Kejurnas Road Race Junior Putra dan Putri

Senin, 15 Juli : Pra-PON Road Race Putra dan Putri

Selasa, 16 Juli : Kejurnas Road Race Putra dan Putri

Rabu-Minggu, 17-20 Juli : Pra-PON dan Kejurnas Mountain Bike             

 

 


COMMENTS