Primoz Roglic Rebut Pink Pertama Giro d’Italia 2019
by MainSepeda - May 12, 2019

Primoz Roglic benar-benar hot tahun ini. Pembalap Slovenia itu menunjukkan diri sebagai unggulan utama Giro d’Italia 2019. Dalam etape time trial (TT) pembuka di Bologna, Sabtu, 11 Mei, bintang Jumbo-Visma itu mampu mencatat waktu terbaik. Dia pun menjadi pemakai maglia rosa (jersey pink) pertama lomba.

Roglic mampu menuntaskan rute menantang sejauh 8 km itu dalam waktu 12 menit dan 54 detik. Berkecepatan rata-rata 37,2 km/jam. Dia adalah satu-satunya pembalap yang menaklukkannya dalam waktu di bawah 13 menit.

Dan rute di Bologna ini benar-benar menantang. Enam km pertama datar dengan sedikit rolling, para pembalap tancap gas dengan kecepatan rata-rata di atas 50 km/jam. Tapi 2 km terakhirnya menanjak curam. Kemiringan rata-rata 9,7 persen, banyak di antaranya mencapai 16 persen.

Kebanyakan pembalap tetap melahap rute menggunakan sepeda TT. Walau beberapa memilih start pakai road bike, dan beberapa memilih start pakai sepeda TT lalu ganti sepeda road ringan menjelang tanjakan.

Roglic, dan kebanyakan unggulan, terus tancap gas naik sepeda TT. Walau harus berdiri-berdiri di bagian paling curam.

Bukan hanya tanjakan curam, hujan juga sempat mengancam etape pembuka ini. Khususnya di bagian penutup. Karena itu, kebanyakan unggulan memilih start di awal. Dari barisan unggulan, hanya Simon Yates (Mitchelton-Scott) yang tetap ngotot start di akhir.

Alhasil, karena mencatatkan waktu terbaiknya di awal, Roglic harus menunggu berjam-jam di hot seat. Praktis menunggu hingga Yates menuntaskan TT.

Dan pada akhirnya, Yates hanya membuat Roglic berdebar sesaat. Walau tancap gas di tanjakan, Yates finis kedua di etape ini, mencatat waktu 13 menit dan 13 detik.

“Tentu saya senang dengan hasil ini. Segalanya berjalan lancar. Saya finis dengan baik dan saya senang dengan performa hari ini,” kata Roglic.

Dengan hasil ini, Roglic dan Jumbo-Visma akan mencoba mempertahankan pink pada beberapa etape ke depan. Semua rata-rata adalah etape datar. Dimulai dengan Etape 2 Minggu ini, 12 Mei, sejauh 205 km dari Bologna ke Fucecchio. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Giro d’Italia 2019 (Top Ten)

1. Primoz Roglic (Slovenia) Team Jumbo-Visma 0:12:54

2. Simon Yates (Inggris) Mitchelton-Scott 0:13:13

3. Vincenzo Nibali (Italia) Bahrain-Merida 0:13:17

4. Miguel Angel Lopez (Kolombia) Astana Pro Team 0:13:22

5. Tom Dumoulin (Belanda) Team Sunweb 0:13:22

6. Rafal Majka (Polandia) Bora-Hansgrohe 0:13:27

7. Tao Geoghegan Hart (Inggris) Team Ineos 0:13:29

8. Laurens De Plus (Belgia) Team Jumbo-Visma 0:13:29

9. Bauke Mollema (Belanda) Trek-Segafredo 0:13:33

10. Damiano Caruso (Italia) Bahrain-Merida 0:13:34

Foto : Bettini Photo

 


COMMENTS