Lekki8, Rem Sepeda Paling Ringan di Dunia, 129 Gram Sepasang!
by - October 06, 2018

Ted Ciamillo, asal Amerika ini sudah berkecimpung 16 tahun di dunia rem sepeda . Sejak 2002, dia sudah membuat rem secara handmade. Sejak kepindahannya ke Polandia, Ted berinovasi baru dengan membuat rem sangat ringan (light weight brake caliper).

Bahkan, bisa dibilang, Lekki8, tipe rem terbaru yang dibuat oleh Ted ini adalah rem kaliper paling ringan di dunia. Dia mengklaim bobot sepasang rem adalah 129 gram tanpa kampas. 68 gram untuk rem depan dan 61 gram untuk rem belakang.

Sebelumnya, Ted juga menciptakan rem ringan, tipe GSL. Waktu itu bobotnya sepasang 155 gram dengan bahan aluminium. Sedangkan Lekki8 juga berbahan aluminium tapi dikombinasi dengan karbon, titanium dan baut-baut stainless steel.

Nama Lekki diambil dari bahasa Polandia yang artinya light weight (sangat ringan). Dan ini adalah rem ke-delapan yang Ted desain. Oleh karena itu namanya adalah Lekki8.

Desain dan fungsinya mirip dengan generasi GSL maupun Zero G, rem yang diproduksi oleh Ted sebelumnya. Tapi Lekki8 memiliki beberapa pengembangan baru.

“Ada quick release yang bisa membuat bongkar pasang roda lebih cepat. Adjusternya menggunakan pivot sehingga akan ikut bergerak saat tuas rem ditarik. Itu membuat pengereman jadi lebih halus karena mengurangi gesekan di dalam kabel,” tutur Ted.

Kekuatan per ditambah sekitar 30 persen dari produk sebelumnya jadi rem akan kembali lebih cepat. Lekki8 mempunyai dua versi “kaki”. Ada yang panjang sehingga memberikan ruang brake pad 5 mm lebih turun.

Ini adalah solusi untuk pengguna ban besar yang membuat brake pad terlalu mepet dengan ban atau terlalu mepet dengan garis atas brake line. Memang, Ted membuat Lekki8 bisa mengakomodasi wheelset dengan lebar 19 – 28 mm. Dan ada ruang untuk ban ukuran 32 mm.

Lekki8 dijual dengan harga USD539 per set ini menggunakan titanium dengan mur dan baut aluminium. Baut-baut kecil yang memegang plat karbon masih menggunakan besi. Ted berencana menggantinya dengan titanium untuk menghemat 4 gram.

Saat ini, Irish Cycle memegang distribusi untuk Amerika Utara. Sedangkan penjualan untuk kawasan Eropa dihandle sendiri oleh Ted dan istrinya. Untuk versi long reach (kaki panjang), dijual seharga USD559.

“Tinggal pilih mau dudukan brake pad Campagnolo atau Shimano,” tutup Ted yang mengaku hari ini memiliki stok lebih dari 120 Lekki8 ini. (mainsepeda)

Foto : Lekki8

 

 


COMMENTS