Criterium du Dauphine 2024, Etape 6: Roglic Rebut Jersey Kuning dari Evenepoel

Pembalap Bora-Hansgrohe Primoz Roglic mendidihkan persaingan juara Criterium du Dauphine 2024. Memasuki balapan etape 6 pada Jumat, 7 Juni 2024, cyclist asal Slovenia ini memenangi balapan sekaligus menggeser posisi Remco Evenepoel dari puncak general classification (GC). 

Roglic menjadi pembalap pertama yang melewati garis finis di puncak Le Coller d'Allevard dengan catatan waktu 4 jam 19 menit 59 detik. Ia mengungguli pembalap Lidl-Trek Giulio Ciccone dengan jarak tiga detik saja. Sementara rekan setim Roglic, Aleksandr Vlasov mengisi podium terakhir. 

Evenepoel yang mengawali balapan dengan keunggulan 33 detik harus tertunduk lesu di akhir balapan. Meskipun mencoba memberi perlawanan, pembalap andalan Soudal Quick-Step ini pada akhirnya kalah 43 detik dari Roglic. Ditambah dengan bonus waktu, Roglic pun merebut klasemen GC dari Evenepoel dengan keunggulan 19 detik.

Remco Evenepoel gagal mempertahankan jersey kuningnya di akhir balapan etape 6. 

Bagi Roglic, kemenangan kali ini terasa sangat berkesan. Apalagi ia mendapatkan trofi ini usai absen cukup lama karena cedera. 

Pembalap 34 tahun ini meraih tiga gelar juara di ajang World Tour UCI musim lalu. Mulai dari gelaran Tirreno-Adriatico, Volta a Catalunya, hingga merebut maglia rosa di ajang Giro d'Italia. Tapi tahun ini, ia harus mengalami banyak ujian.

Sempat memimpin GC di ajang Tour Basque Country hingga etape ke-3, Roglic malah terlibat kecelakan di etape selanjutnya. Tak diketahui cedera berat apa yang menimpanya. Tapi ia memilih absen selama dua bulan lamanya. 

Baca Juga: Peringati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Jatim Gelar Tour de Panderman

Pasca kemenangan di etape 6, Roglic berpeluang besar meraih gelar pertamanya musim ini di Criterium du Dauphine. Plus kepercayaan dirinya meroket untuk dapat bersaing di event paling prestisius, Tour de France. Balapan Tour de France sendiri akan dimulai akhir bulan ini.  

Roglic menjadi salah satu pembalap yang terlibat kecelakaan massal pada balapan etape 5 pada Kamis, 6 Juni 2024. Rasa sakit ia rasakan di bagian bahunya. Namun, ia mengaku baik-baik saja.

"Itu membuat saya membutuhkan waktu yang cukup lama karena pergerakan cukup terbatas dengan bahu kiri sebenarnya. Saya tidak dapat mencapai kantong saya atau yang lain. Kalau kaki saya tidak ada kendala," jelas Roglic.  

Vlasov sedang membaca situasi dan melihat rekan setimnya Roglic tepat dibelakangnya. 

Roglic tidak serta merta melupakan jasa rekan setimnya, khususnya Vlasov. Pembalap Rusia ini terus mencoba menarik Ciccone pada batas staminanya sebelum memberi ruang kepada Roglic melakukan serangan 300 meter jelang finis.

"Seluruh tim menunjukkan komitmen dari awal balapan dan hari ini kami menampilkan performa luar biasa, terima kasih," imbuhnya. 

Criterium du Dhauphine masih menyisakan dua etape lagi. Keduanya melombakan rute pegunungan. Dengan gap yang hanya 19 detik, Roglic masih sangat mungkin dikejar Evenepoel. Matteo Jorgensen (Visma-Lease a Bike) yang ada di urutan ketiga GC pun masih punya peluang, karena hanya tertinggal 58 detik Roglic. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS