Peringati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Jatim Gelar Tour de Panderman

Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur melaksanakan kejuaraan balap sepeda Tour de Panderman. Event ini diikuti 1.848 peserta. 

Event one day race ini akan digelar pada Sabtu, 8 Juni 2024. Garis start akan dimulai dari pelataran Polda Jatim pada pukul 05.30 WIB. Terbagi atas dua kategori, kompetitif dan non kompetitif.

Dari Mapolda Jatim, para peserta kategori non kompetitif bergerak menuju Pit Stop 1 Bangil. Setelahnya rombongan ke Pit Stop 2 Kebun Raya Purwodadi menuju Pit Stop 3 di Balai Kota Malang sebelum akhirnya finis di Balai Kota Among Tani, Kota Batu. Jaraknya kurang lebih 113 km dan bakal melewati enam kota/kabupaten, yakni Kota Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Kota Malang, dan Kota Batu. 

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto saat memperkenalkan Tour De Panderman 2024 di Pasuruan pada April lalu. 

Sedangkan, kategori elit dan kompetitif yang terdiri dari delapan kategori, memiliki rute yang berbeda. Dari Pit Stop 2 di Kebun Raya Purwodadi peserta balapan menuju puncak pendakian dan finis di Rest Area Jalibar. Dari Kebun Raya Purwodadi, rute kompetitif ini berjaraknya 35 km dengan COT (Cut of Time) pada pukul 12.30 WIB. Para pemenang Tour de Panderman ini akan mendapatkan trofi Kapolda Jatim Cup 2024. 

Baca Juga: Kolom Sehat: World Bicycle Day 2024

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan para cyclist dan masyarakat, Polda Jatim dan Polresta/Polrestabes telah mempersiapkan modifikasi lalu lintas yang terintegrasi. Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto mengatakan nantinya beberapa titik lalu lintas akan dialihkan untuk menjaga kelancaran lalu lintas. 

“Sudah kita siapkan personel untuk pengamanan jalur termasuk jalur alternatif atau pengalihan arus saat diperlukan,” ujar Dirmanto.

Selain untuk menggelorakan semangat berolahraga masyarakat, Tour de Panderman juga bertujuan untuk mengenalkan potensi ekonomi dan wisata di Jawa Timur. Khususnya di kota/kabupaten yang dilalui oleh kepada ribuan peserta yang akan berlomba. (Mainsepeda)


COMMENTS