Carlos Rodriguez Bungkus Gelar Juara Umum Tour de Romandie

Pembalap Decathlon-AG2R Dorian Godon merebut kemenangan keduanya di Tour de Romandie 2024 setelah memenangi etape terakhir di Vernier pada Minggu, 28 April 2024. Namun, juara Tour de Romandie 2024 diputuskan menjadi milik cyclist Ineos Grenadiers Carlos Rodriguez. 

Penampilan Rodriguez tak terlampau tersorot selama lima hari balapan di Swiss. Ia tak sekalipun memenangi lima etape plus satu balapan prolog di Tour de Romandie 2024. Namun, penampilannya cukup konsisten dengan menjaga catatan waktunya. Pada etape terakhir, ia mengakhiri balapan bersama peleton besar dan finis di lis ke-26.  

Rodriguez saat memenangi etape terakhir gelarar Tour Basque Country awal April lalu.

Pembalap Spanyol ini meraih catatan waktu terbaik sepanjang penyelenggaraan turnamen dengan catatan 15 jam 44 detik 46 detik. Ia unggul 7 detik dari rival terdekatnya Aleksandr Vlasov yang berasal dari klub Bora-Hansgrohe.

"Juara ini berarti banyak buat saya," kata pembalap 23 tahun ini. 

"Saya sangat puas dengan apa yang saya tunjukan pekan ini. Ini merupakan kemenangan pertamanya di klasifikasi umum pada level WorldTour dan itu adalah ekstra dari kemenangan spesial ini," imbuhnya. 

Selain merebut gelar juara pertamanya di WorldTour, Rodriguez turut mendapat bonus sebagai pembalap U-23 terbaik dalam turnamen kali ini. 

Baca Juga: Tour de Romandie 2024 Etape 4: Puasa Kemenangan Eks Juara Olimpiade Berakhir di Leysin

Di sisi lain, Godon harus puas pulang dengan status juara di klasemen poin atau pemenang jersey hijau. Ia mengungguli rekan setimnya Andrea Vendrame dengan catatan 119 poin. Meskipun demikian, hal tersebut tak mengurangi rasa bahagia Godon usai merebut kemenangan di etape terakhir di Vernier. 

Selebrasi Dorian Godon usai memenangi etape terakhir Tour de Romandie 2024 di Vernier.

Hujan deras membuat intensitas persaingan balapan tidak terlalu tinggi. Para cyclist tidak banyak melakukan akselerasi yang krusial akibat jalanan yang licin. Mereka enggan mengambil risiko yang dapat menyebabkan insiden kecelakaan atau terjatuh.

Godon melihat momentum kemenangan ketika peleton besar melewati tikungan tajam 90 derajat berjarak 500 meter sebelum finis. Ia melewati tikungan dengan sudut yang pas sebelum melancarkan serangan untuk mengejar pembalap Arkéa-B&B Hotels Clément Venturini. Ia pun melewatinya dan finis sebagai yang terdepan. Aksinya tersebut dibuntuti oleh Simone Consonni (Lidl-Trek) dan Dion Smith (Intermarche-Wanty) yang akhirnya berhak atas posisi 2 dan 3. 

"Saya tidak mau mengambil risiko di tikungan itu, meskipun ada kontak dari belakang. Tapi saya bereaksi dengan baik. Saya melihat garis finis dan tak terhenti hingga sampai di sana," ujar Godon. 

Ajang Tour de Romandie merupakan gelaran multi-etape terakhir sebelum penyelenggaraan GrandTour UCI Giro d'Italia yang diselenggarakan 4-26 Mei mendatang. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com

 


COMMENTS